Edukasi terhadap Kader Kesehatan dan Orang tua tentang Stimulasi dan Deteksi Perkembangan Anak.

Authors

  • Aida Rusmariana Universitas Muhammadiyah Pekalongan
  • Mokhamad Arifin Universitas Muhammadiyah Pekalongan
  • Shilny Mazaya Universitas Muhammadiyah Pekalongan
  • Khilda Nafila Universitas Muhammadiyah Pekalongan

Keywords:

Deteksi perkembangan, edukasi, stimulasi

Abstract

Balita merupakan salah satu kelompok yang beresiko terhadap masalah kesehatan salah satunya adalah perkembangan balita karena masalah kesehatan pada balita tidakhanya terbatas dengan masalah yang behubungan dengan medis. Salah satu tugas kader melakukan penyuluhan kepada ibu yang memiliki balita tentang perkembangan anak supaya ibu dapat melakukan stimulasi perkembangan anaknya. Permasalahan kurangnya pengetahuan stimulasi dan deteksi perkembangan anak. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan kader dan ibu tentang stimulasi dan deteksi perkembangan anak. Metode kegiatan dengan melakukan edukasi tentang stimulasi dan deteksi perkembangan anak kepada kader dan orangtua balita. Evaluassi kegiatan dilakukan dengan memberikan pre tes dan post dengan kuesioner tentang petumbuhan dan perkembangan anak. Hasil Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikuti oleh 30 orang kader dan orangtua yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terdapat peningkatan pengetahuan kader dan orang tua tentang stimulasi dan deteksi perkembangan anak. Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi dalam memberikan edukasi kepada semua orangtua yang mempunyai anak sehingga dapat memberikan stimulasi dan melakukan deteksi gangguan perkembangan.

References

(1) Indrayani,D., Legiati,T.,& Hidayanti,D.(2019) Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Ibu Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Kesehatan Prima, 13(2),115-121.
(2) Kemenkes RI (2014). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi , Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar.
(3) Grover D,(2015) Partnering With Families: Improving Home Visits in Europe and Central Asia. A good Star: Advance in Early Childhood Development Bernard van Leer Foundation. Netherland.
(4) Notoatmojo, Soekidjo (2013). Pendidikan dan perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
(5) Notoatmojo, Soekidjo (2011). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
(6) Wijayanti,ER, Suharni, Susilawati,B.(2018).Pelatihan Deteksi Tmbuh Kembang pada Kader Pos Yandu Ponowaren Gamping Sleman.Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.2(2)
(7) Hayati,N. Mutmainah. Fatimaningrum.AS. (2015). Pelatihan Kader Posyandu Dalam Mendeteksi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol IV, Edisi 2. Desember. 2015

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rusmariana, A., Arifin, M., Mazaya, S., & Nafila, K. (2023). Edukasi terhadap Kader Kesehatan dan Orang tua tentang Stimulasi dan Deteksi Perkembangan Anak. Prosiding University Research Colloquium, 35–39. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2198