Penerapan Linear Programming Untuk Pengoptimalan Produksi Dalam Memperoleh Keuntungan Maksimum Pada Industri Gula Kelapa Di Pacitan

Authors

  • Agung Krisna Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mia Intan Ros Bita Palupi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Diva Ayu Pradani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dita Ristiyana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rizki Setyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Padmantyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Linear programming, Gula kelapa, simpleks

Abstract

Linear programming merupakan salah satu cara dalam menyelesaikan masalah optimasi produksi. Salah satu masalah yang dihadapi oleh pemilik industry gula kelapa di desa kalak Pacitan adalah kegiatan produksinya yang belum optimal sehingga keuntungan yang diperoleh belum maksimum. Masalah optimasi produksi gula kelapa adalah menentukan keuntungan maksimum dari dua jenis produk yang dihasilkan yaitu gula jawa manggis dan gula jawa biasa. Kendala yang dihadapi oleh mitra berupa tidak konsistennya hasil nira yang dihasilkan pada pohon kelapa terutama pada musim penghujan. Tidak konsistennya hasil nira tentunya akan berpengaruh terhadap jumlah produksi sehingga berpengaruh pada keuntungan yang tidal optimal. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menerapkan linear programming dengan menggunakan metode simpleks. Hasil Analisis ini menunjukkan bahwa penerapan linear programming dalam optimasi Industri Gula Kelapa dapat membantu dalam memaksimalkan keuntungan dari keterbatasan sumber daya yang dimiliki.

References

Referensi
[1] P.S . Dewi Rosa Indah “PENERAPAN MODEL LINEAR PROGRAMMING UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH PRODUKSI DALAM MEMPEROLEH KEUNTUNGAN MAKSMAL (Studi Kasus pada Usaha Angga Perabot ) ” J M I J. Manaj. Inov., vol. 10, no. 2, pp. 98–115, 2019.
Referensi
[1]
P. S. Dewi Rosa Indah, “PENERAPAN MODEL LINEAR PROGRAMMING UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH PRODUKSI DALAM MEMPEROLEH KEUNTUNGAN MAKSIMAL (Studi Kasus pada Usaha Angga Perabot),” JMIJ. Manaj. Inov., vol. 10, no. 2, pp. 98–115, 2019.
[2] P. L. Goethals, N. M. Scala, and N. D. Bastian, “Operations research," Math. Cyber Res., no. July 2022, pp. 233–266, 2022, doi: 10.1201/9780429354649-7.
[3] Prayudha, A. (2014). Pengaruh Industri Gula Kelapa Terhadap Kondisi Ekonomi Rumah Tangga Pra Sejahtera Di desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
[4] Widyastuti, R., & Sunarni. (2019). Adiwidya: jurnal pengabdian masyarakat universitas slamet riyadi ]. ADIWIDYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi, 3(2), 117–126.
[5] Aini, S., Fikri, A. J., & Sukandar, R. S. (2021). Optimalisasi Keuntungan Produksi Makanan Menggunakan Pemrograman Linier Melalui Metode Simpleks. Jurnal Bayesian 1, NO.1(1), 1–16.
[6] S. Aprilyanti, I. Pratiwi, and M. Basuki, “Optimasi Keuntungan Produksi Kemplang Panggang Menggunakan Linear Programming Melalui Metode Simpleks," Semin. dan Konf. Nas. IDEC, no. October 2019, 2018.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Hidayat, A. K., Palupi, M. I. R. B., Pradani, D. A., Ristiyana, D., Nugroho, R. S., & Padmantyo, S. (2023). Penerapan Linear Programming Untuk Pengoptimalan Produksi Dalam Memperoleh Keuntungan Maksimum Pada Industri Gula Kelapa Di Pacitan. Prosiding University Research Colloquium, 18–25. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2196