Pengaruh Work-Life Balance dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Chyntia Noviarini Tri Suharno Universitas Ahmad Dahlan
  • Ani Muttaqiyathun Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

work-life balance, stres kerja, kinerja

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak pada berbagai sektor di hampir semua belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Hampir seluruh sektor terkena dampaknya termasuk sektor ekonomi. Kondisi lingkungan yang banyak berubah ini menyebabkan perubahan perilaku karyawan baik di rumah maupun di tempat kerja. Keharusan untuk bekerja di rumah pada area yang terbatas dalam jangka waktu yang tidak menentu, pasti akan mengganggu keseimbangan kehidupan kerja (Work-life balance). Saat ini hampir setiap orang mengalami dilema dalam menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan kehidupan kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada industri tekstil di Yogyakarta. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan yang berjumlah 320 orang. Penentuan sampel dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel yang diambil adalah 175 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria pertimbangan tertentu. Adapun kriteria dalam penelitian ini adalah berstatus pegawai tetap dengan pendidikan terakhir SMA. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini memberikan temuan bahwa Work-life balance berpengaruh positif signifikan dan stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan pada industri tekstil di Yogyakarta.

References

[1] Dewi, C.N., Bagia IW., dan Susila, GPAJ. 2018. “Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Tenaga Penjualan UD Surya Raditya Negara” Jurnal Manajemen (November), hal 160.
[2] Dewi, Cokorda, dan I Made Artha Wibawa. 2016.”Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank BPD Bali Cabang Ubud” E-Jurnal Manajemen Unud (Desember), hal.7602.
[3] Dina. 2018. “Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kinerja Karyawan Di KUD Minatani Brondong Lamongan” Jurnal (Mei-Agustus), hal.3.
[4] Grzywach JG & Carlson DS. 2007 “Conceptualizing Work-Family Balance: Implication for Practice and Research”. SAGE Journals Nopember 1
[5] Julvia, Cristine.2016.”Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis (Januari-Juni), hal.59.
[6] Kreitner, Robert, dan Angelo Kinicki. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: salemba Empat.
[7] Maslichah, Nur Intan, dan Kadarisman Hidayat. 2017. “Pengaruh Work-Life Balance Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja karyawan” Jurnal Administrasi Bisnis (Agustus), hal.62.
[8] Poluan, Alfian Ranny. 2018. “Pengaruh Work-Life Balance, Beban Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Manado” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen (Juli), hal 347.
[9] Robbins, Stephen P, dan Timothy A Judge. 2017. Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
[10] Saina, I.V., Pio RJ, dan Rumawas W. 2016. “Pengaruh Worklife Balance dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado“Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (Januari), hal 16.
[11] Wahyudi (2017) Manajemen Konflik dan Stres dalam Organisasi: pedoman praktis bagi Pemimpin Visioner. Bandung, Alfabeta.
[12] Wirawan. 2009. Evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Suharno, C. N. T., & Muttaqiyathun, A. (2021). Pengaruh Work-Life Balance dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding University Research Colloquium, 538–545. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1718