Pengaruh Indikator Makroekonomi Terhadap Risk Profile Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Unit Usaha Syariah (UUS)

Authors

  • Leli Nurlaila STIE Muhammadiyah Cilacap
  • Tri Nurindahyanti Yulian STIE Muhammadiyah Cilacap
  • Kristanti Rahman STIE Muhammadiyah Cilacap

Keywords:

Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga, ProdukDomestik, Bruto, Non Performing Financing (NPF)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Indikator Makroekonomi terhadap Risk Profile di masa pandemi covid-19 pada Unit Usaha Syariah (UUS). Populasi penelitian ini adalah Unit Usaha Syariah yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 Unit Usaha Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data runtun (time series) secara triwulanan yaitu laporan triwulan periode Maret, Juni, September dan Desember 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Tingkat Inflasi, Tingkat suku Bunga dan ProdukDomestikBruto (PDB) tidak berpengaruh terhadap Non Performing Financing (NPF). Namun secara parsial variabel Tingkat Inflasi dan Tingkat SukubungatidakberpengaruhterhadapNon Performing Financing (NPF), dan variabel Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh terhadap Non Performing Financing (NPF). Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel-variabel makroekonomi lainnya yang diperkirakan berpengaruh terhadapNon Performing Financing (NPF).

References

[1] Biasmara, Hanif Artafani. 2021 Aldilla Iradianty. Pengaruh Kondisi Makroekonomi Terhadap Risk Profile Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika. Volume 19 (No. 1): 48 – 56.
[2] Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 8). Cetakan ke 9. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[3] Ikatan Bankir Indonesia. (2015). ManajemenResiko 1. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
[4] Ikatan Bankir Indonesia. (2016). Strategi Manajemen Risiko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[5] Ismail. 2017. Perbankan Syariah Cetakan ke-4. Jakarta: Prenada media Group.
[6] Jogiyanto Hartono. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.
[7] Manafe, Yulina Ester. 2017. Pengaruh Inflasi Terhadap Non Performing Financing (NPF) pada PT. Bank Syariah Mandiri di Indonesia. [skripisi]. Palembang (ID): UIN Raden Fatah Palembang
[8] Miranda, Norma Dwi. 2021. Variabel makroekonomi penentu pembiayaan bermasalah pada bank pembiayaan rakyat syariah di indonesia. [skripsi]. Malang (ID): Universitas Muhammadiyah Malang
[9] Saputri, oktoviana banda, mulawarman hanase. 2021. Pengaruh indicator makroekonomi Terhadap kinerja keuangan bank umum syariah Pada masa pendemi covid-19. Jurnal tabarru islamic banking and finance. Volume 4 (No.1): 139 – 151.
[10] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
[11] Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
[12] Sukirno, Sadono. 2016. Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
[13] Undang-Undang Perbankan Syariah No.21 tahun 2008 tentang Perbankan
Syariah.
[14] Wahyuni, Tri, Pani Akhiruddin Siregar, Kadri Bancin. 2021. Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 8 (No. 1): 89 -108.
[15] Wibowo, Sigit Arie. 2017. Pengaruh variabel makro dan mikroekonomi terhadap pembiayaan bermasalah pada bank syariah. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Volume 2 (No. 1): 96 – 112.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Nurlaila, L., Yulian, T. N., & Rahman, K. (2021). Pengaruh Indikator Makroekonomi Terhadap Risk Profile Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Unit Usaha Syariah (UUS). Prosiding University Research Colloquium, 517–524. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1716