Education on Prevention of Physical and Psychological Problems From Study From Home During the Covid-19 Pandemic

Authors

  • Arif Pristianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hairuniza Panggabean Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atikah Itsna Zulfatirrohman Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fenisa Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Firya Khoirunisa Ulayya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Intan Mulyawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pandemi Covid-19, kecemasan, postur, study from home

Abstract

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 secara global terjadi di seluruh dunia. Infeksi virus tersebut dapat menyebabkan sindrom pernapasan akut ringan hingga parah. Berbagai kebijakan terkait kondisi pandemi dilakukan termasuk pada sistem pembalajaran di instansi pendidikan yaitu Study From Home (SFH). Perubahan pola membuat masyarakat tidak siap menghadapinya baik secara fisik maupun psikologis. Di antara kondisi psikologis yang dialami masyarakat adalah rasa anxiety atau kecemasan penularan virus Covid dan tidak siap dengan keadaan yang tiba-tiba berubah. Selain itu dengan kondisi pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) juga menimbulkan masalah dengan ksehatan fisik. Belajar di depan layar selama beberapa jam dengan posisi yang cenderung statis dan dilakukan dalam waktu yang lama tentunya menyebabkan keluhan pada mata dan punggung. Hal ini mengakibatkan permasalahan bagi para remaja atau mahasiswa. Metode kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan menggunakan sistem webinar melalui Google Meet dan grup Whatsapp. Aplikasi Whatsapp digunakan untuk mengarahkan peserta mengenai metode yang dilakukan sebelum, saat, dan sesudah kegiatan webinar berlangsung, sedangkan aplikasi Google Meet digunakan untuk pelaksanaan kegiatan webinar. Pemberian edukasi terkait anxiety dan kesehatan mata selama masa SFH dan materi terkait postural yang baik dan upaya mengatasi keluhan postural selama SFH. Peserta yang bergabung dalam kegiatan penyuluhan sejumlah 48 orang yang berasal dari beberapa instansi pendidikan dan organisasi remaja. Hasil evaluasi pre test dan post test menunjukkan peningkatan pengetahuan dan upaya menanggulangi terkait kecemasan, permasalahan penglihatan, dan postural serta exercise saat Study From Home dari pre test rata rata 51% menjadi 77% saat post test.

References

1. Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Education: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1-4.
2. Hasanah, Uswatun, Ludiana, Immawati, and Livana PH. 2020. “Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(3):299–306.
3. Hidayani, N. P. (2020). Hubungan Antara Lama Penggunaan, Jarak Pandang dan Posisi Tubuh Saat Menggunakan Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Kelas dan 6 di SD Citra Bangsa Kupang. CHMK Applied Scientific Journal, 3(1), 27-34.
4. Irawan D, & Novianto Z (2020). Perancangan E-Learning Pada SMA 1 Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework Codeigniter (CI). Jurnal Digital Teknologi Informasi, 3(2), 53-60.
5. Meikawati, W., & Amalia, R. (2010, January). Hubungan kebiasaan minum susu dan olahraga dengan kepadatan tulang remaja (studi di SMAN 3 Semarang). In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 2, No. 1).
6. Meily, K. (2014). Ergonomi Tempat Duduk (SEATING), tersedia on line di http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4201,diakses pada 19 Desember 2020.
7. Putri, D. W., & Mulyono, M. (2018). Hubungan Jarak Monitor, Durasi Penggunaan Komputer, Tampilan Layar Monitor, Dan Pencahayaan Dengan Keluhan Kelelahan Mata. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(1), 1. https://doi.org/10.20473/ijosh.v7i1.2018.1-10
8. Putri, N. W., & Rahmah, S. P. (2020). Edukasi Kesehatan untuk Isolasi Mandiri dalam Upaya Penanganan COVID-19 di Kanagarian Koto Baru, Kabupaten Solok. Jurnal Abdidas, 1(6), 547-553.
9. Rusip, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olahraga Di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik Dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Implementa Husada, 1(2), 152. https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.5035
10. Septiansyah, R. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Pengguna Komputer di PT Duta Astakona.
11. Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 40-54.
12. Wulandari, Irine Dwitasari. 2010. “Hubungan Lama Duduk Dan Sikap Duduk Perkuliahan Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Miogenik Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Jurnal Pena 19(1):29–3.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Pristianto, A., Panggabean, H., Zulfatirrohman, A. I., Hidayah, F. N., Ulayya, F. K., & Mulyawati, N. I. (2021). Education on Prevention of Physical and Psychological Problems From Study From Home During the Covid-19 Pandemic. Prosiding University Research Colloquium, 30–40. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1553