Pengaruh Dimensi-Dimensi Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Niatan Untuk Berbelanja Dari Aplikasi E-Commerce B2c Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Dikota Pekalongan)

Authors

  • Khoirul Fatah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Tutut Dwi Andayani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Abstract

Penelitian dilakukan untuk melihat kondisi terkini yang menggiringdalam digunakannya aplikasi pendekatan teori sinyal untuk lebihmengetahui secara mendetail tentang sinyal apa saja yang bisadigunakan penjual atau pembeli toko online untuk mempengaruhikualitas produk persepsian yang dirasakan oleh konsumen. Kualitasproduk persepsian ini menjadi penting karena dapat mendorongminat dan niat untuk melakukan belanja atau penjualan onlinekonsumen. Niat ini dalam belanja atau pembelian online digunakanmerujuk pada salah satu konstruk teori TAM (TechnologyAcceptance Model). Pertama kali mengunjungi aplikasi e-commercekonsumen atau penjual akan mempelajari aplikasi e-commerceterlebih dahulu, setelah konsumen atau penjual mengerti dan merasabahwa aplikasi tersebut mudah untuk dipelajari maka konsumenakan menggunakan atau mengoperasikan situs tersebut. Konsumenatau penjual cenderung memiliki niat yang negatif terhadap belanjaatau penjual online apabila konsumen merasa kesulitan dalammenggunakan atau mengoperasikan aplikasi e-commerce, namunapabila konsumen tidak mengalami kesulitan dalam menggunakanatau mengoperasikan aplikasi e-commerce, maka konsumencenderung akan berniat positif terhadap belanja online.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Fatah, K., & Dwi Andayani, T. (2021). Pengaruh Dimensi-Dimensi Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Niatan Untuk Berbelanja Dari Aplikasi E-Commerce B2c Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Dikota Pekalongan). Prosiding University Research Colloquium, 1–20. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1290