Penggunaan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Bagi Siswa SMA

Authors

  • Heru Supriyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dea Arsagita Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Aplikasi Android, aplikasi kimia, media pembelajaran, motivasi belajar, sistem periodik unsur

Abstract

Salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh siswa SMA
dalam belajar sistem periodik unsur adalah rasa bosan saat belajar
mandiri dengan hanya menggunakan material pembelajaran utama
yaitu buku teks dan lembar kegiatan siswa. Tujuan artikel ini adalah
untuk meningkatkan keinginan belajar siswa SMA Muhammadiyah 5
Todanan dengan menggunakan aplikasi berbasis Android. Aplikasi
Android digunakan sebagai suplemen yang digunakan bersama-sama
dengan material utama yaitu buku teks dan lembar kegiatan siswa.
Setelah menggunakan aplikasi berbasis Android dalam
pembelajaran, siswa diminta untuk mengisi kuesioner untuk evaluasi.
Hasil evaluasi yang diikuti oleh 28 siswa kelas XI IPA dapat diambil
kesimpulan yaitu penggunaan aplikasi Android dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa yang ditunjukan dari nilai akhir skala likert
yaitu sebesar 88,57%. Hasil evaluasi juga menunjukkan aplikasi ini
dapat membantu mempelajari sistem periodik unsur dengan nilai
akhir sebesar 95,71%. Namun, aplikasi yang digunakan masih
memiliki kelemahan dalam hal tampilan dan interaktifnya yang
diindikasikan dengan masih cukup rendahnya nilai akhir evaluasi
yaitu sebesar 79,28%. Kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan
penggunaan aplikasi Android yang lebih menarik dari sisi tampilan
interaktifnya serta penggunaannya bersama-sama dengan sistem
pembelajaran lain misalnya sistem pembelajaran blended.

References

[1] Supriyono H, Rahmadzani RF,
Adhantoro MS, Susilo AK. Rancang
bangun media pembelajaran dan game
edukatif pengenalan Aksara Jawa
“Pandawa”. In: Prosiding The 4th
University Research Colloquium 2016.
Pekalongan; 2016. P. 1-12.
[2] Muyaroah S, Fajartia M. Pengembangan
media pembelajaran berbasis Android
dengan menggunakan aplikasi Adobe
Flash CS 6 pada mata pelajaran Biologi.
Innovative Journal of Curriculum and
Educational Technology. 2017; 6(2): 7983.

[3] Mubarok IW, Kartika PC. Efektifitas
penggunaan bahan ajar berbasis Android
Nemo Bahasa Indonesia untuk
mahasiswa Bipa tingkat pemula program
darmasiswa Universitas Muhammadiyah
Surabaya. Metalingua Jurnal Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia. 2019; 4(1):
15-24.
[4] Supriyono H, Saputra AN, Sudarmilah E,
Darsono R. Rancang bangun aplikasi
pembelajaran Hadis untuk perangkat
mobile berbasis Android. Jurnal
Informatika. 2014; 8(2): 907-920.
[5] Sari S, Anjani R, Farida I, Ramdhani
MA. Using Android-based educational
game for learning colloid material. IOP
Conference Series: Journal of Physics
Conference Series. 2017; 895(2017): 1-6.
[6] Harianto A, Suryati, Khery Y.
Pengembangan media pembelajaran
kimia berbasis Android untuk
penumbuhan literasi sains siswa pada
materi reaksi redoks dan elektrokimia.
Hydrogen Jurnal Pendidikan Kimia.
2017; 5(2): 35-47.

[7] Zulfadhilah M, Hidayah N. Aplikasi
penyusunan ikatan kimia berbasis
Android sebagai media pembelajaran.
Jurnal Edik Informatika. 2019; 6(1): 3744.

[8] Eliyawati, Agustin RR, Sya’bandari Y,
Putri RAH. Smartchem: an Android
application for learning multiple
representations of acid-base chemistry.
Journal of Science Learning. 2020; 3(3):
196-204.
[9] Antrakusuma B, Masykuri M, Ulfa M.
Validity of scientific based chemstry
Android module to empower Science
Process Skills (SPS) in solubility
equlibrium. IOP Conference Series:
Journal of Physics Conference Series.
2018; 1006(2018): 1-9.
[10] Wardani S, Lindawati L, Kusuma SBW.
The development of inquiry by using
Android-system-based chemistry board
game to improve learning outcome and
critical thinking ability. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia. 2017; 6(2):
196-205.
[11] Fitriyana N, Wiyarsi A, Ikhsan J,
Sugiyarto KH. Android-based-game and
blended learning in chemistry: effects on
students’ self-efficacy and achievement.
Cakrawala Pendidikan. 2020; 39(3):
507-521.
[12] Ulfa AM, Sugiyarto KH, Ikhsan J. The
effect of the use of Android-based
application in learning together to
improve students’ academic
performance. In: AIP Conference
Proceedings. American Institute of
Physics; 2017. P. 050008-1 – 050008-6.
[13] Astiningsih AD, Partana CF. Android
application supplement strengthening
technology for chemistry learning
construction of metacognition ability.
European Journal of Education Studies.
2019; 6(2): 191-204.
[14] Supriyono H, Rahmadzani RF,
Adhantoro MS. Developing computer
application for interactive Javanese
letters learning. International Journal of
Advanced Trends in Computer Science
and Engineering. 2019; 8(6): 3112-3119

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Supriyono, H., & Arsagita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Bagi Siswa SMA. Prosiding University Research Colloquium, 28–35. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1257