PERUBAHAN PERILAKU FISIK DAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA SMP DENGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DI SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL
Keywords:
Perilaku fisik, Psikologis, Kecemasan dan DepresiAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat jaringan internet semakin mudah, hal ini meneyebabkan remaja menjadi lebih mudah untuk memainkan game online karena didapatkan jaringan internet yang lebih kuat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan remaja mengalami perubahan perilaku fisik (pola tidur dan agresif) serta perubahan psikologis (kecemasan dan depresi. Untuk mengetahui perubahan perlaku fisik dan psikologis yang terjadi pada remaja yang bermain game online. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian non eksperimen dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif, pada 100 responden, instrument yang digunakan menggunakan kuisioner, pada remaja SMP N 1 Karangmoncol. Hasil dar penelitian ini, menunjukan terdapat perubahan perilaku fisik (pola tidur dan agresif) dari 100 responden menunjukan pola tidurnya buruk sebanyak 67 responden (67%), dan terdapat agresif sedang 89 responden (89%). Hasil penelitian ini juga menunjukan perubahan psikologis (kecemasan dan depresi)dar 100 responden menunjukan tingkat kecemasan sedang 25 responden (25%). Ada hubungan perilaku fisik dan psikologis dengan hasil p-value 0,001<0,05 sehingga semakin tinggi tingkat peruabahan perilaku fisik maka semakin tinggi juga tingkat perubahan psikologisnya.
References
Remaja di Indonesia. Tersedia
dalam: http://idai.or.id/publicarticles/
seputar- kesehatananak/
kesehatan-remajadiindonesia.
html [Diakses pada 13
April 2017]
[2] 2016. Faktor Faktor yang
Mempengaruhi Perilaku Gangguan
Kecanduan Game Online pada
Peserta Didik Kelas X di Madrasah
Aliyah AL-Furqon Prabumulih Tahun
Pelajaran 2015/2016. Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden
Intan Lampung. Jurnal Bimbingan
dan Konseling. Vol.3 No.1, hlm 155
[3] Michelle M. Garrison, Kimberly
Liekweg and Dimitri A. Christakis.
(2011). Media Use and Child Sleep:
The Impact of Content, Timing, and
Environment. Official journal of the
American academy of pediatrics.
2011;128;29; originally published
online June 27, 2011
Masi M, Gobbato P. Measure of the
volumetric efficiency and evaporator http://pediatrics.aappublications.org/con
tent/ 128/1/29.full.html.
[1] Ulfa, Mimi. 2017. Pengaruh
Kecanduan Game Online Terhadap
Perilaku Remaja di Mabes Game
Center Jalan HR.Subrantas Kecamatan
Tampan Pekanbaru.Fakultas Ilmu
Sosial dan Politik Universitas Riau.
Hlm 1-13
[1] Ali, M dan M. Asrori. (2016). Psikologi
Remaja Perkembangan Peserta Didik.
PT Bumi Aksara. Jakarta
[2] [2] Musbikin, Imam. 2009. Mengapa
anakku malas belajar ya?. Yogyakarta:
Diva press. “Interaksi Sosial dan
Konsep Diri dengan Kecanduan Game
Online pada Dewasa Awal.” Jurnal
Psikologi Indonesia (Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
[3] Soebastian, C. O.. (2010). Dampak
Psikologis Negatif Kecnduan
Permainan Online pada Mahasiswa
(Skripsi). Semarang : Universitas
Katolik Soegijapranata
[4] Putri, Asr. S. 2012. Hubungan
Kecanduan Game Online dengan
Kecemasan pada Remaja Pengunjung
Game Centre Kelurahan Jebres
Surakarta. Fakultas Kedoktersan
Universitas Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Romas Adi Nugroho, Ike Mardiyati Agustin, S Sawiji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.