Literature Review: Terapi Komplementer Akupresur pada Titik Perikardium 6 dalam Mengatasi Mual dan Muntah pada Kehamilan

Authors

  • Anisya Nur Maheswara Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Endang Sri Wahyuni Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • I Istiqomah Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Sri Kustiyati Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Keywords:

Akupresur, Perikardium 6, Mual, Muntah, Kehamilan

Abstract

Pendahuluan: Kehamilan merupakan proses fisiologis bagi wanita, berbagai keluhan dapat terjadi pada masa kehamilan, salah satunya adalah mual dan muntah pada awal kehamilan. Hampir 50-90% wanita hamil mengalami mual pada trimester pertama. Keluhan ini merupakan merupakan hal yang fisiologis akan tetapi bila tidak segerah diatasi akan menjadi hal yang patologis sehingga akan menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah dehidrasi serta malnutrisi. Metode yang dapat dilakukan agar tidak terjadi komplikasi tersebut adalah dengan pengobatan secara nonfarmakologis, berupa pemberian terapi akupresur titik perikardium 6 untuk menurunkan mual dan muntah pada ibu hamil. Tujuan dari literature review ini terhadap beberapa penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada efek akupresur perikardium 6 dalam mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. Metode: Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metadata analisis dengan menggunakan tinjauan literature (literature view) dengan mencari artikel yang relevan. Sumber tinjauan menggunakan media elektronik dari beberapa database antara lain Sience Direct dan Google Scholar yang dipublishkan kurun waktu tahun 2015 sampai tahun 2020. Dengan keyword, vomiting/ muntah; nausea/ mual; pregnancy/ ibu hami; acupressure/ akupresur; perikardium 6/ neiguan. Hasil: Berdasarkan hasil literature review terhadap beberapa penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian teknik akupresur terhadap pengurangan mual muntah pada ibu hamil trimester I. Pembahasan: Akupresur pada titik perikardium 6 dapat menghasilkan evaluasi yang baik pada ibu yang mengalami mual dan muntah pada kategori ringan dan sedang. Terapi akupresur juga tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan sebab dengan terapi akupresur tubuh sudah memiliki kandungan obat. Kesimpulan: Penggunaan metode acupressure pericardium 6 pada ibu hamil dalam mengurangi mual muntah menunjukkan keefektifannya.

References

[1] Adlan, S., A., et al., 2017. Acupressure As Adjuvant Treatment For The Inpatient Management Of Nausea And Vomiting In Early Pregnancy: A Double-Blind Randomized Controlled Trial. Journal Obstentrics And Gynaecology, 43(04):
[2] Alfira, N. 2017. Efek Akupresur Pada Titik P6 Dan ST36 Untuk Mencegah Post Operative Nausea And Vomiting Pada Pasien Laparatomi Dengan Spinal Anastesi. Tesis Universitas Hasanuddin. Makassar.
[3] Hanretty. 2014. Ilustrasi Obstetri. CV Pentasada Media Edukasi: Indonesia.
[4] Handayani, N., dan Afiyah, K., R. 2019. Pengaruh Akupresur Terhadap Penurunan Mual Dan Muntah Di Praktek Mandiri Bidan Sidoarjo. Jurnal Kebidanan, 11(02).
[5] Hollingworth. 2012. Diagnosis Banding dalam Obstetri Dan Ginekologi. Penerbit Buku Kedokteran: Jakarta.
[6] Indiarti, M. T., 2015. Panduan Terbaik A-Z Kehamilan, Persalinan, Dan Perawatan Bayi Update Dan Terlengkap. Indoliterasi: Yogyakarta.
[7] Juwita, L., 2015. Literature Review: Terapi Komplementer Akupresur pada Titik Perikardium 6 dalam Mengatasi Mual dan Muntah Pada Kehamilan. Jurnal Ners Lentera,3(01).
[8] Meiri, E. K., dan Sartika, W. 2019. Pengaruh akupresure terhadap pengurangan mual dan muntah pada ibu hamil trimester 1. Jurnal kebidanan.
[9] Mariza, A., dan Ayuningtyas, L. 2019. Penerapan Akupresur Pada Titik P6 Terhadap Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester 1. Jurnal Kesehatan, 13(03): 218-224.
[10] Renityas, N. N., 2019. Pengaruh Titik Nei Guan (P6) Terhadap Pengurangan Keluhan Morning Sickness Pada Ibu Hamil Trimester I Di Puskesmas Sananwetan Blitar. Jurnal Kebidanan, 3(01).
[11] Sedigh, S., et al., 2019. The Effect Of P6 Acupressure On Nausea And Vomiting Of Pregnancy: A Randomized, Single-Blind, Placebo-Controlled Trial. Elsevier. Diakses 27 Juli 2019.
[12] Sulistiari, U., et al., 2018. Studi Literatur: Acupressure Pericardium Dan Aromatherapy Citrus Untuk Mengurangi Mual Muntah Ibu Hamil. Jurnal kebidanan, 8(02): 2621-2870.
[13] Tara, F., et al., 2020. The Effect of Acupressure on the Severity of Nausea, Vomiting, and Retching in Pregnant Women: A Randomized Controlled Trial. Complementary medicine research. Diakses 4 Februari 2020.
[14] Widatiningsih, S., dan Dwi, C. 2017. Praktik Terbaik Asuhan Kehamilan. Transmedika: Yogyakarta.
[15] Widyastuti, K, D., 2018. Terapi komplementer akupresur untuk mengatasi esis gravidarum pada ibu hamil trimester 1. Jurnal kebidanan 662-668. 10(01): 96-100.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Maheswara, A. N., Wahyuni, E. S., Istiqomah, I., & Kustiyati, S. (2020). Literature Review: Terapi Komplementer Akupresur pada Titik Perikardium 6 dalam Mengatasi Mual dan Muntah pada Kehamilan. Prosiding University Research Colloquium, 315–327. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1155