Analisis Unsur Sikap Batin dalam Perkara Pidana No. 315/ Pid. B/ 2018/ PN. Skt.

Authors

  • Adam Pradana Putra Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • S Sudaryono Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Kecelakaan Lalu Lintas, Sikap Batin, Kesengajaan, Kealpaan

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban. Dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan bahwa terdapat 2 (dua) penyebab utama kecelakaan yaitu unsur sikap batin yang berupa Kesengajaan (Pasal 311 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009) dan unsur sikap batin yang berupa Kealpaan (Pasal 310 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009). Dalam praktiknya, penegak hukum seringkali kesulitan untuk untuk melakukan pembuktian apakah peristiwa kecelakaan tersebut murni kecelakaan (pure accident) atau ada unsur sikap yang berupa kesengajaan dan kealpaan didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan, putusan Pengadilan Negeri terkait dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang kemudian dihubungkan dengan teori-teori dan doktrin mengenai unsur kesengajaan dan kealpaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Untuk metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan, selanjutnya data dianalisis menggunakan deduktif.

References

[1] Ali, Zainudin. 2017. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
[2] D. Schaffmeister, N. Keijzer, E. PH. Sutorius. Hukum Pidana. Terj. J.E. Sahetapy, Agustinus Pohan. 2011. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
[3] Ibrahim, Johnny. 2007. Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing.
[4] Moeljatno. 1993. Asas-Asas Hukum Pidana. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Surbakti, Natangsa dan Sudaryono. 2017. Hukum Pidana Dasar-Dasar Hukum Pidana Berdasarkan KUHP dan RUU KUHP. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Putra, A. P., & Sudaryono, S. (2020). Analisis Unsur Sikap Batin dalam Perkara Pidana No. 315/ Pid. B/ 2018/ PN. Skt. Prosiding University Research Colloquium, 275–283. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1150