Analisis Yuridis Pelaksanaan Pemberian Asuransi dalam Kegiatan Ekspedisi Pengiriman Barang (Studi Kasus di PT JNE Kabupaten Boyolali)

Authors

  • Hananto Widagdo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • I Inayah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pengiriman barang, asuransi, tanggung jawab

Abstract

Pengiriman barang sudah menjadi salah satu keperluan di masyarakat. Banyak jasa ekspedisi yang bergelut dalam bidang penggantaran barang, salah satunya yang cukup tekenal adalah PT JNE. Dalam melakukan tugasnya PT JNE Berusaha untuk memberikan pelayanan jasa yang maksimal kepada pelanggan yang menggunakan jasanya. Namun dalam Pelaksanaanya kadang kala Jasa ekspedisi yang terkenal sekalipun khususnya PT JNE menemui kendala dalam penggiriman barangnggnya seperti rusak,terlambat,dan hilang, sehingga membuat pengguna jasanya menjadi ragu akan tanggun jawab dari PT JNE selaku penyedia layanan. Unuk itu PT JNE memberikan asuransi untuk menanggug resiko dari kemungkinan terjadinya masalah pada barang selama proses pengiriman. PT JNE harus dan wajib untuk menanggung resiko yang ada dari pengiriman barang tersebut. Metode penelitian makalah ini menggunakan metode Yuridis empiris yaitu dengan pengumpulan data secara studi pustaka yaitu dengan bahan bahan dari perpustakaan seperti buku dan jurnal serta peraturan peraturan selain itu juga menggunakan penelitian di lapangan dengan melakukan wawancara.

References

https://www.idntimes.com/business/economy/hana-adi-perdana-1/mengenal-jne-raksasa-perusahaan-logistik-dalam-negeri/full
Suharnoko,2004,Hukum PerjanjiannTeori dan analisis kasus,Jakarta Kencana
Ronny Hanitijo Soemitro,2001,Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri,Ghalia Indonesia,Jakarta
Kitab Undng-Undang Hukum Dagang
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Widagdo, H., & Inayah, I. (2020). Analisis Yuridis Pelaksanaan Pemberian Asuransi dalam Kegiatan Ekspedisi Pengiriman Barang (Studi Kasus di PT JNE Kabupaten Boyolali). Prosiding University Research Colloquium, 244–250. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1147