Pelatihan Dasar Pembuatan Laporan Keuangan bagi UKM di Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar

Authors

  • Sri Padmantyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • K Kusdiyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Luluk Meilinda Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Laporan keuangan, UKM, Desa Girilayu

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dasar pembuatan laporan keuangan bagi pelaku UKM di Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar. Pembuatan laporan keuangan yang baik penting sekali untuk dikuasai oleh pelaku UKM agar dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan usaha dari waktu ke waktu. Pengabdian masyarakat dilakukan pada tanggal 19 Februari 2020 melalui penyuluhan dan pendampingan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelaku UKM di Desa Girilayu sudah dapat membuat laporan keuangan meskipun dalam bentuk sederhana.

References

[1] Hertika Y, Harjanti SR. Upaya Peningkatan Ketrampilan Menyusun Laporan KKeuangan bagi Pengurus Koperasi Batik Tegalan Cempaka Mulya. Jurnal Abdimas. 2018 Januari; 1(1).
[2] Auliyah A, Ma’rifatul I. Penerapan Akuntansi berdasarkan PSAK UKM Kampung Batik di Sidoarjo. STIE Perbanas; 2012.
[3] Angelna Y, Octaviani A, Haniksafika. Pengembangan Kualitas Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana di Kecamatan Matesih Karanganyar. Wasana Nyata, 2019; 3(1) .

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Padmantyo, S., Kusdiyanto, K., & Meilinda, L. (2020). Pelatihan Dasar Pembuatan Laporan Keuangan bagi UKM di Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar. Prosiding University Research Colloquium, 71–72. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1106