Sistem Informasi Manajemen Inventaris (Studi Kasus : Pengelolaan Aset dan Barang Kopendik Wonogiri)

Authors

  • Alfi Dimar Pradana Program Studi Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endah Sudarmilah Program Studi Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Inventaris; Kopendik Wonogiri; Sistem Informasi

Abstract

Kopendik Wonogiri merupakan koperasi yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Keilmuan di Kabupaten Wonogiri. Kopendik Wonogiri mengelola data inventaris dalam proses peminjaman belum terkomputerisasi secara keseluruhan, komputer hanya digunakan untuk pendataan seluruh data inventaris dengan aplikasi Microsoft-Word atau Microsoft -Excel. Data inventaris seharusnya diolah dengan baik, sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara akurat. Salah satu solusi supaya terkomputerisasi dengan baik dengan menerapkan sebuah sistem informasi. Tujuan penitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi manajemen inventaris dalam pengelolaan aset dan barang di Kopendik Wonogiri. Metode yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan pendekatan waterfall menggunakan UML (Unified Modelling Language) yaitu use case diagram dan activity diagram. Sistem ini dibangun dengan menggunakan beberapa bahasa dan framework codeIgniter model PHP MVC (Model-View-Controller) dengan MySQL sebagai sistem manajemen basis data. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi manajemen inventaris yang berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang telah dilakukan, sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan fitur yang telah dirancang sejak awal penelitian. Sistem dapat melakukan proses pencatatan data aset dan barang, pembuatan laporan dan transaksi peminjaman. Sedangkan hasil pengujian kuesioner mendapatkan hasil dengan rata-rata 83.48% yang berarti user sangat setuju dengan sistem informasi yang dikembangkan

References

Setiawan R, Suhendra. Web Based Application for Borrowing Inventory Items ( Case Study at English Course Institution for Adults in Jakarta ). IJCSMC (International Journal of Computer Science and Mobile Computing. 2018;7(11):173–84.

Saputra FK, Inovera RA, Efrida Susanti R. Web-Based Futsal Field Reservation System. Journal of Information System Applied Computer Science. 2018;7–10.

Prasetyo WD. Sistem Informasi Inventaris Desa Berbasis Web. Surakarta: Laporan Tugas Akhir. 2017;

Permitasari RI, Sahara R. Implementation of Web – Based Bike Renting Application “ Bike – Sharing .” International Journal Computer Science and Mobile Computing. 2018;7(12):6–13.

Osman MN, Zain NM, Paidi Z, Sedek KA, Yusoff MN. Online Car Rental System using Web-Based and SMS Technology. Computing Research & Innovation. 2017;2:277–86.

Putra RP, Riyadi A, Wardani S. Rancang Bangun Sistem Informasi Persewaan dan Penjualan Properti di DIY Berbasis Web. UPY Press. 2017;302–11.

Kuncoro AP, Kusuma BA, Purnomo A. Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website sebagai Media Pengelolaan Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium Fikes UMP. SATIN (Sains dan Teknologi Informasi). 2018;4(2).

As DMF, Fitriani L. Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan dan Pengelolaan Data Alat Kemping Berbasis Desktop Pada Perusahaan Perorangan Rz Adventure. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Garut. 2016;198–204.

Suhendar A, Novita I, Ariesta A. Sistem Informasi Inventaris Barang Menggunakan Unified Modeling Language pada Kecamatan Gambir. SENIATI. 2019;55–60.

Maryuliana, Subroto IMI, Haviana SFC. Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI). 2016;1(2):1–12.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Pradana, A. D., & Sudarmilah, E. (2020). Sistem Informasi Manajemen Inventaris (Studi Kasus : Pengelolaan Aset dan Barang Kopendik Wonogiri). Prosiding University Research Colloquium, 127–135. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1078