Motivasi Wirausaha Wanita: Studi Literatur Sistematis

Authors

  • Milyarti Ningrum Psikologi, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Auliya Ibni Latifah Psikologi, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Augustin Falah Pawaka Psikologi, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aftina Nurul Husna Psikologi, Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Motivasi; Wirausaha; Motivasi wirausaha; Motivasi wirausaha wanita.

Abstract

Wirausaha adalah orang yang mampu berinovasi menciptakan bisnis baru berdasarkan peluang untuk mencapai keberhasilan. Salah satu faktor dalam kesuksesan wirausaha yaitu adanya motivasi wirausaha. Wirausaha pada wanita saat ini mulai berkembang secara bertahap seiring dengan berkembangnya teknologi. Penelitian ini bertujuan umtuk menggambarkan motivasi wirausaha wanita berdasarkan studi literatur yang komprehensif. Metode yang digunakan yaitu review literatur sistematis dengan menggunakan pemahaman data-data penelitian terdahulu yang bersumber dari refrensi jurnal di internet yang berkaitan dengan motivasi wirausaha pada wanita. Berdasarkan kajian tersebut ditemukan bahwa motivasi berwirausaha pada wanita dipengaruhi oleh 3 faktor utama antara lain: Keinginan untuk keluar dari pekerjaan yang membatasi mereka, Keinginan untuk keluar dari pengawasan, dan menolak stereotip sosial yang cenderung dipaksakan. Motivasi utama wirausaha pada wanita fleksibilitas pekerjaan, kemandirian finansial, kemampuan mengambil resiko, status sosial, bekerja secara mandiri dan pengangguran telah memotivasi wanita memulai usaha kecil.

References

Aimasari, N., & Ghina, A.Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Wanita Untuk Menjadi Wirausaha (Studi Pengusaha Wanita UMKM Di Kota Bandung 2015.2015:1-5.

Austhi, D. Motivasi Berwirausaha dan Kesuksesan Berwirausaha Pada Wirausahawan Wanita Anne Avanite. Agora.2017

Barani, G. & Dheepa, T. Influence of Motives and its Impact on Women Entrepreneurs of India. Journal of Entrepreneurship and Management.2013.

Cunningham JB, Lischeron P.Defining Entrepreneurship. Journal of Business Management, 1991:22-9.

Dr.N.Nagaraja, V. M. Comparison of Male and Female Entrepreneurs – An Empirical Study. International Journal of Engineering and Management Reserch , 2013:138-43.

Felga Lopentus, Frangky Slamet. Perbandingan Motivasi Kerja, Sosial Dan Ekonomi Antara Wirausaha Pria Dan Wanita Di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2019;1.

Husna, A. Fullpaper - Perbandingan Wirausahawan dan Non-Wirausahawan. Urecol, 2019:1-8.

Jati, Analisis Motivasi WIrausaha Perempuan (Wirausahawati) Di Kota Malang. Humanity , 2017:114-53.

Lopentus, F., & Slamet, F. Perbandingan Motivasi Kerja, Sosial Dan Ekonomi Antara Wirausaha Pria Dan Wanita Di Jakarta. Manajerial dan Kewirausahaan .2019.

Munawaroh, M. Faktor-Faktor Yang Meotivasi Wanita Menjadi Pengusaha (Studi Pada Pengusaha Wanita IWAPI DIY). Jurnal Wirausaha.2016;1-12.

Ph.D, C. L., & dkk. Determining Women Entrepreneurial Motivation: A Review Of Theoretical Models. International Journal of Small Business and Entepreneurship Reserch. 2014;43-54.

Prabandari, S. P., & H, N. H. Motivasi Dan Kompetensi PengaruhnyaTerhadap Kesuksesan Pengusaha Wanita. 2015;1-9.

R, S. K., & Patrick, H. A. Motivating Factors That Influence Women Entrepreneurs. IMPACT Journal. 2018;65-80.

S Anugrahini Irawati, B. S. Analisa Faktor-Faktor Yang Memotivasi Perempuan Berwirausaha Melalui Bisnis Online (Studi Kasus Pada Ibu Muda di Kecamatan Bangkala. Distribusi (Jurnal Ilmu Management dan Bisnis)2018;1-14.

Shmailan, A. B. Compare the Characteristics of Male and Female Entreprenuership as Explorative Study. Journal of Entrepreneurship & Organization Management. 2016;1-7

Stevenson HH, Jarillo JC. A Perspective of Entrepreneurship: Entrepreneurial Management. Strategic Management Journal. 1990; 17-27.

Zhu, L. & Chu, H.M. Motivations, Success Factors and Problems Encountered by Chinese Women Entrepreneurs: A Factor Analysis. International Review of Business Research Papers. 2010

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Ningrum, M., Latifah, A. I., Pawaka, A. F., & Husna, A. N. (2020). Motivasi Wirausaha Wanita: Studi Literatur Sistematis. Prosiding University Research Colloquium, 105–110. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1077