IbM Pembentukan Community Breastfeeding Support (COMBRESSO) Berbasis Kader di Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

Authors

  • Elika Puspitasari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Sholaikhah Sulistyoningtyas Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Keywords:

Community Breastfeeding Support, Pijat Oksitosin

Abstract

Dukungan khusus dari tenaga kesehatan terhadap program Peningkatan Pemberian ASI merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI. Bidan sebagai tenaga kesehatan yang dekat dengan komunitas dan berada di tengah masyarakat, dapat membantu memberikan asuhan dan informasi yang tepat terkait dengan permasalahan menyusui. Bidan bekerja sama dengan kader untuk menjangkau ke dalam masyarakat lebih dekat kepada ibu, anak beserta seluruh anggota keluarga. Bidan dan kader bergerak bersama serta lebih berdaya untuk meningkatkan derajat kesehatan. Solusi permasalahan mitra dengan membentuk Community Breasfeeding Support berbasis kader kesehatan dengan pengadaan pelatihan diharapkan mampu meningkatkan cakupan ASI eksklusif di wilayah mitra dan menambah pengetahuan para ibu menyusui. Luaran kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain kehadiran 100% peserta pelatihan, ketersediaan booklet dan pin peserta serta publikasi artikel di jurnal pengabdian masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan melalui pelatihan mempraktikkan tindakan pijat oksitosin, memberikan pendidikan untuk mitra, dan pembentukan kelompok pendukung ASI. Hasil dari pelatihan tersebut kader dapat mengaplikasikan materi pijat oksitosin pada ibu menyusui yang menjadi peserta dan kader mampu melakukan promosi kesehatan terkait ASI dan menyusui dengan bantuan media yang sudah dibagikan oleh pelaksana. Pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dengan diadakan penyuluhan seputar ASI dan pelatihan pijat oksitosin. Kader dapat mengaplikasikan keterampilan pijat oksitosin ketika ada ibu menyusui yang mempunyai keluhan ASI tidak lancar. Materi seputar ASI dan pijat oksitosin yang sudah didapat telah diberikan media pula oleh pelaksana berupa boklet sehingga dapat menjadi media ketika melakukan pendampingan pada ibu menyusui. Pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik, karena peserta sangat antusias serta perlengkapan dan media yang secara optimal.

Author Biographies

Elika Puspitasari, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan, Fakultas Ilmu Kesehatan

Sholaikhah Sulistyoningtyas, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan, Fakultas Ilmu Kesehatan

References

[1] Mardiana, Lukman F, Irwan B. Motivator ASI sebagai Upaya Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif. ABDIMAS. 2018;22:35–40.
[2] Nurjanah A, Si M, Mahanggoro TP, Si M, Sukmono FG. Media Promosi ASI Eksklusif Desa Ngampilan Yogyakarta. 2014;1–22.
[3] Novrianda D, Fajria L, Hermalinda. IbDM Perawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang “Pelatihan dalam Meningkatkan Keterampilan Pendampingan Menyusui.” Padang: Universitas Andalas; 2017.
[4] Siti O, Endah N. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran Kolostrum Pada Ibu Post Partum di Ruang Kebidanan RS Muhammadiyah Bandung Tahun 2011. J Kesehatan Kartika. 2011;1–9.
[5] Wattimena I, Werdani YDW, Novita BD, Dewi DAL. Manajemen Laktasi dan Kesejahteraan Ibu Menyusui. Jurnal Psikologi. 2015;42(3):231–42.
[6] Lee NC. Ease Into Breastfeeding The #First31 Days womenshealth [Internet]. USA: Office On Women’s Health; 2016. Available from: womenshealth.org

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Puspitasari, E., & Sulistyoningtyas, S. (2020). IbM Pembentukan Community Breastfeeding Support (COMBRESSO) Berbasis Kader di Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Prosiding University Research Colloquium, 239–243. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1072