Kombinasi Senam Osteoporosis Dan Minfulness Spiritual Bagi Kader Posyandu Menuju Pos Sejati

Authors

  • Maryatun Maryatun STIKES ‘Aisyiyah Surakarta
  • Ari Sapti Mei Leni STIKES ‘Aisyiyah Surakarta
  • Ipa Sari Kardi STIKES ‘Aisyiyah Surakarta

Keywords:

Pelatihan Kader, Senam Osteoporosis, Minfullness, Pos Sejati

Abstract

Kesehatan bagi seorang wanita di masyarakat adalah bukti sebuah kontribusi besar pembangunan bangsa. Melalui program pengembangan desa sehat kader adalah hasil pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan bekal pengetahuan serta ketrampilan dalam membantu tenaga kesehatan mewujudkan kesehatan di masyarakat. Kegiatan PPDM melaksanakan kegiatan berupa pelatihan senam osteoporosis sebagai upaya tindakan pencegahan penyakit pada osteoporosis. Melihat bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit osteoporosis ini, masyarakat perlu membiasakan pola hidup sehat sejak dini, khususnya kader posyandu sebagai orang yang ditunjuk untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat guna melatih anggota posyandu agar dapat mencegah dan mengangani osteoporosis melalui senam osteoporosis yang baik. Memepersiapkan kader kesehatan untuk membantu pelaksanaan program desa sehat merupakan strategi pemberdayaan masyarakat yang dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat kususnya pada lansia melalui pengembangan kegiatan posyandu. Pelatihan senam osteoporosis yang dilakukan selama 2 bulan kepada kader posyandu menuju pos sehat jasmani dan rohani memberikan dampak positif yaitu memberikan pengetahuan dan cara melakukan senam osteoporis yang baik dan benar guna mencegah dan menangani osteoporosis.. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader dalam senam osteoporosis. Kesimpulan senam osteoporosis yang dikombinasi dengan mindfulness spiritual dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan.

Author Biographies

Maryatun Maryatun, STIKES ‘Aisyiyah Surakarta

Prodi D III Keperawatan

Ari Sapti Mei Leni, STIKES ‘Aisyiyah Surakarta

Prodi D IV Fisioterapi

Ipa Sari Kardi, STIKES ‘Aisyiyah Surakarta

Prodi D IV Fisioterapi

References

[1] Afandi, N. A. (2012). Pengaruh pelatihan mindfulness terhadap peningkatan kontrol diri siswa SMA. Jurnal Pamator, 1(5). 19-28.
[2] Afriwardi (2009). Ilmu kedokteran olahraga. Jakarta : EGC
[3] Fitahul (2013). Hubungan Osteoporosis Dengan Kecemasan. Surabaya
[4] Kawijaya, (2012) . Siki: Osteoporosis Patogenesis Diagnosis dan Penanganan Terkini.Denpasara: Sub Bagian/ SMF Orthopaedi & Traumatologi Bagian Bedah FK UNUD / RSUP Sanglah Denpasar.
[5] Kementerian Kesehatan RI. Data dan Kondisi Penyakit Osteoporosis di Indonesia. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2015.
[6] Prieharti dan Yekti M.(2017) .Deteksi Osteoporosis vs Osteoporosis Perbedaan Seluk-beluk dan Penanganan.Yogyakarta:Rapha Publising.
[7] Tandra H. (2009) Segala Sesuatu Yang Harus Anda Ketahui Tentang Osteoporosis Mengenal Mengatasi dan Mencegah Tulang Keropos. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Pratama,
[8] Zinn, J.K. (2012). Mindfulness for Beginner. Colorado : Sound True Boulder.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Maryatun, M., Leni, A. S. M., & Kardi, I. S. (2020). Kombinasi Senam Osteoporosis Dan Minfulness Spiritual Bagi Kader Posyandu Menuju Pos Sejati. Prosiding University Research Colloquium, 203–207. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1066