Pencegahan Komplikasi Persalinan melalui Pendampingan Gerakan Membaca Buku KIA Sehari Satu Lembar

Authors

  • Siti Mutoharoh STIKES Muhammadiyah Gombong
  • Umi Laelatul Qomar STIKES Muhammadiyah Gombong
  • Eka Novyriana STIKES Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Pencegahan komplikasi, Pendampingan, Buku KIA

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan dan menjadi salah satu komponen indeks pembangunan. Angka Kematian di Indonesia pada tahun 2015 mencapai angka yang tinggi, yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab kematian ibu secara tidak langsung berupa keterlambatan, salah satunya adalah terlambat mengambil keputusan dan mengenali tanda bahaya. Buku KIA, adalah buku pegangan yang diberikan pada semua ibu hamil oleh pemerintah yang berisi semua informasi terkait kehamilan, persalinan, nifas, kb dan bayi serta balita. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu tentang isi buku KIA meliputi kehamilan, persalinan, nifas, kb dan bayi serta balita melalui gerakan membaca buku KIA sehari satu lembar untuk mencegah terjadinya komplikasi pada persalinan. Metode kegiatan ini adalah melakukan pendampingan pada ibu hamil untuk membaca buku KIA secara keseluruhan yang dilakukan satu hari satu lembar. Ibu hamil sebanyak 30 orang dipantau kegiatannya melalui kelas ibu hamil dan group WA. Pengukuran pengetahuan dilakukan melalui pre dan post test. Gerakan pendampingan dilakukan secara bertahap pada saat kelas ibu hamil sebanyak 3 kali pertemuan. Setiap hari, ibu hamil dipantau melalui group WA untuk meminimalisir faktor lupa. Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan ibu tentang isi buku KIA. Tingkat pengetahuan ibu hamil pada saat pre test mayoritas adalah cukup (60%), sedangkan pada saat post test mayoritas adalah baik (70%). Kesimpulan kegiatan ini pengabdian masyarakat melalui pendampingan gerakan membaca buku KIA sehari satu lembar dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang isi buku KIA sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya komplikasi pada saat persalinan melalui pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dan tepat.

Author Biographies

Siti Mutoharoh, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi DIII Kebidanan

Umi Laelatul Qomar, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi DIII Kebidanan

Eka Novyriana, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi DIII Kebidanan

References

[1] Badan Pusat Stastistik, Survey Penduduk antar Sensus (SUPAS). Jakarta: Badan Pusat Stastistik, 2015

[2] Baharudin, Muhammad, dkk. Maternal death reviews: A retrospective case series of 90 hospital-based maternal deaths in 11 hospitals in Indonesia. International Journal of Gynecology &Obstetrics published by John Wiley & Sons Ltd on behalf of International Federation of Gynecology and Obstetric. 2019.

[3] Colti Sistiarani1, Elviera G, dan Bambang Hariyadi. Analisis Kualitas Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. KEMAS 10 (1) (2014) 14 - 20.

[4] Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Petunjuk teknis penggunaan buku KIA. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

[5] Sri Juharni, Widarsa T, dan Wirawan DN. Faktor risiko kematian ibu sebagai akibat komplikasi kehamilan, persalinan dan nifas di Kabupaten Bima tahun 2011– 2012. Public health and Preventive medicine Archive volume 1 nomor 2. 2013.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Mutoharoh, S., Qomar, U. L., & Novyriana, E. (2020). Pencegahan Komplikasi Persalinan melalui Pendampingan Gerakan Membaca Buku KIA Sehari Satu Lembar. Prosiding University Research Colloquium, 157–159. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1057