Basic Life Support (BLS) bagi Driver Ojek Online GrabBike untuk mengatasi Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Eka Sakti Wahyuningtyas Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Basic Life Support, Ojek Online, GrabBike, Gawat Darurat, Kecelakaan Lalu Lintas

Abstract

Gawat darurat adalah kondisi di mana harus dilakukan penanganandengan cepat dan tepat pada situasi kecelakaan lalu lintas, bencana,maupun konflik manusia. Kondisi kegawatdaruratan ini merupakanmasalah umum yang biasa ditemui di dunia kesehatan. Basic LifeSupport (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah tindakansegera pada kondisi gawat darurat untuk membebaskan jalan nafas(airway), mengatasi masalah pernapasan (breathing), danmempertahankan sirkulasi darah (circulation) korban. Kegiatanpengabdian kepada masyarakat ini membantu mitra untuk mengatasikondisi gawat darurat pada kecelakaan lalu lintas. Tim pengabdiankepada masyarakat ini bermitra dengan paguyupan ojek onlineGrabBike di Kota Magelang. Jumlah driver ojek online GrabBikeyang mengikuti kegiatan ini sejumlah 15 orang. Pengabdian kepadamasyarakat ini menggunakan metode workshop. Metode padapengabdian kepada masyarakat ini dibagi menjadi beberapa tahapantara lain: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penyusunanlaporan, dan tahap publikasi. Tujuan diselenggarakan pengabdiankepada masyarakat ini adalah mengajarkan kepada driver ojek onlineGrabBike di Kota Magelang bagaimana melakukan BLS yang benar,bagaimana menangani korban dalam kondisi gawat darurat dengancepat dan tepat sesuai panduan American Heart Association (AHA)2015. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan denganbaik dan lancar. Mitra paham dan mampu melakukan simulasi BLSuntuk mengatasi kondisi gawat darurat kecelakaan lalu lintas.

Author Biographies

Nurul Hidayah, Universitas Muhammadiyah Magelang

Program Studi Profesi Ners/Fakultas Ilmu Kesehatan

Eka Sakti Wahyuningtyas, Universitas Muhammadiyah Magelang

Program Studi Ilmu Keperawatan (S1)/Fakultas Ilmu Kesehatan

References

[1] Bergeron, J.D. dan Baudour, C.L. First Responsder Ed 8. New Jersey: Pearson Prentice Hall; 2009.
[2] Emergency Nurses Association. Sheehy’s Manual of Emergency Nursing: Principles and Practice 7th Ed. St Louis: Elsevier Inc; 2013.
[3] Neumar, R.W., Shuster, M., Callaway, C.W., et al. Part 1: Executive Summary: 2015 American Heart Association Guidelines Update for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. Circulation; 2015; 132 (18) (suppl 2).
[4] Proehl, J.A. Emergency Nursing Procedures. St Louis: Saunders; 2019.
[5] Pro Emergency. Basic Trauma Life Support. Cibinong: Pro Emergency; 2011.
[6] Tim Bantuan Medis Panacea. Basic Life Support Buku Panduan Edisi 13. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2014.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Hidayah, N., & Wahyuningtyas, E. S. (2020). Basic Life Support (BLS) bagi Driver Ojek Online GrabBike untuk mengatasi Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Prosiding University Research Colloquium, 145–149. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1055