Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Golongan Antibiotik Pada Infeksi Saluran Kemih Di Instalasi Rawat Inap Kelas II dan III Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan Tahun 2015-2018

Authors

  • Sitti Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Putri Larasati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Infeksi saluran kemih, efektivitas, antibiotic, ACER, ICER

Abstract

Infeksi Saluran Kemih adalah suatu penyakit terbentuknya mikroorganisme dalam jumlah banyak di saluran kemih. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan ISK berbeda-beda, untuk itu perlu dilakukan analisis efektivitas biaya agar keputusan yang dipilih efektif secara biaya dan manfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui antibiotik dengan biaya paling efektif pada pengobatan infeksi saluran kemih di Instalasi Rawat Inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan tahun 2015-2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental yang bersifat deskriptif dengan pengambilan data dari rekam medis pasien. Analisis data menggunakan program analisis komputer dengan membandingkan health care cost (biaya medis langsung rata-rata per kelompok antibiotik) terhadap clinical outcome (efektivitas lama pengobatan) sehingga didapatkan nilai ACER dan ICER. Hasil penelitian antibiotik paling cost effective kelas II adalah golongan sefalosporin dengan nilai ACER sebesar Rp.526,917.75 dan kelas III adalah golongan penisillin dengan nilai ACER Rp.548,667.67. Saran dari penelitian ini untuk RSUD Kraton hasil penelitian dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam memilih terapi antibiotik ISK rawat inap kelas II dapat menggunakan golongan sefalosporin dan kelas III dapat menggunakan golongan penicillin sebagai antibiotik yang cost-effective.

Author Biographies

Sitti Rahmatullah, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Program Studi Sarjana Farmasi

Putri Larasati, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Program Studi Sarjana Farmasi

References

Baso, FF., Perwitasari, D A dan Risdiana, I., 2018. Efektivitas Antibiotik Golongan Sefalosporin Generasi Ke-3 Dibandingkan Fluroquinolon Terhadap Pasien Infeksi Saluran Kemih di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Media Pharmaceutica Indonesiana , 2 (1), hal. 26-34.

Isgiyanto, A., 2009. Teknik Pengambilan Sampel pada Penelitian Non-Eksperimental. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Musdalipah. 2018. Identifikasi Drug Related Problem (DRP) pada Pasien Infeksi Saluran Kemih di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari. Jurnal Kesehatan, 11 (1), hal 39-50.

Novard, M.F.A., Suharti, N., Rasyid, R., 2019. Gambaran Bakteri Penyebab Infeksi Pada Anak Berdasarkan Jenis Spesimen dan Pola Resistensinya di Laboratorium RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014-2016. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), hal. 26-32.

Perdana, M., Haryani, Aulawi, K., 2017. Hubungan Pelaksanaan Perawatan Indwelling Kateter Dengan Kejadian Infeksi Saluran Kemih. Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas, 1(1), hal. 17-27.

Sholihah,Alfi Hidayatus. 2017. Analisis Faktor Risiko Kejadian Infeksi Saluran Kemih ISK oleh Bakteri Uropatogen di Puskesmas Ciputat dan Pamulang pada Agustus-Oktober 2017. Laporan Penelitian. Program Studi Kedokteran Dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Siagian, S.E., 2011. Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson Pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan. Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Farmasi Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Susono R.F., Sudarso, Galistiani, G.F., 2014. Cost Effectiveness Analysis Pengobatan Pasien Demam Tifoid Pediatrik Menggunakan Cefotaxime dan Chloramphenicol di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Jurnal Pharmacy, 11(1), hal. 86-97.

Suwarno, Shaluhiyah, Z., Prabamurti, P.N., 2017. Media Efektif Untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital Bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(3), hal. 192-199.

Syafada dan Fenty. 2013. Pola Kuman dan Sensitivitas Antimikroba Pada Infeksi Saluran Kemih. Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas, 1(1), hal. 9-13.

Triono, A., Akhmad, E.P., 2012. Efektivitas Antibiotik Golongan Sefalosporin dan Kuinolon Terhadap Infeksi Saluran Kemih. Mutiara Medika, 12(1), hal.6-11.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Rahmatullah, S., & Larasati, P. (2020). Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Golongan Antibiotik Pada Infeksi Saluran Kemih Di Instalasi Rawat Inap Kelas II dan III Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan Tahun 2015-2018. Prosiding University Research Colloquium, 121–127. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1035