Pengembangan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Nur Faidati Program Studi Administrasi Publik, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Muhammad Khozin Program Studi Administrasi Publik, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Keywords:

Pengembangan UMKM, Revolusi Industri 4.0, Kolaborasi

Abstract

Berbagai upaya dilakukan oleh sejumlah stakeholder agar UMKM dapat terus bertumbuh dan berkembang di era revolusi industri ini. Salah satunya dilakukan staf pengajar Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melalui kegiatan Pengabdian masyarakat . Pelaku UMKM yang dibina oleh BWM UNISA ini masih terkendala dengan pemanfaatan teknologi, yaitu pemanfaatan platform online untuk pemasaran produk. Kegiatan pengabdian masyarakat Pemberdayaan pelaku UMKM binaan BWM UNISA Nogotirto, Gamping, Sleman DIY Menuju UMKM Yang Berdaya Saing ini dilakukan dengan tujuan memperkenalkan platform digital kepada anggota komunitas UMKM untuk memperluas pemasaran produknya.

References

Tjandrawinata, R. R. Industri 4.0: revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus. 2016; 29.

Abimanyu, Anggito. Orientasi Usaha dan Kinerja Bisnis Konglomerat. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Mencari Keseimbangan Antara Konglomerat dan Pengusaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Permasalahan dan Strategi. Dies Natalis STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta. 30 April 1994.

Nur Faidati. Collaborative Governance Dalam Pengembangan UMKM di Era Revolusi Industri – Prosiding dalam Konferensi Nasional Ilmu Administrasi ketiga yang diselenggarakan oleh STIA-LAN dan LAN RI; 2019. p. 1–6.

Schwab, K.. The fourth industrial revolution. Crown Business: 2017.

Kuncoro, Mudrajad. (1994). Peta Bisnis Aliansi Strategis. Manajemen dan Usahawan Indonesia. November

Kuncoro, Mudrajad. (2010). Masalah Kebijakan dan Politik: Ekonomika Pembangunan. Jakarta, Erlangga.

Departemen Koperasi: Perkembangan Data UMKM Tahun 2016-2017

(Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY, 2018).

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Faidati, N., & Khozin, M. (2020). Pengembangan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding University Research Colloquium, 410–414. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1030