Teknik Pemeriksaan Parietoacanthial (Modified Waters Methode) Pada Kasus Fraktur Orbita Lateral Dekstra Di Instalasi Radiologi Rsud Dr. Moewardi

Authors

  • Agustina Erfianita Jemamun STIKes Guna Bangsa Yongyakarta
  • Sarika Setya Putri STIKes Guna Bangsa Yongyakarta
  • Anggriani Thesia STIKes Guna Bangsa Yongyakarta

Keywords:

Fraktur;, Parietoacanthial;, Waters Methode;, Orbita.

Abstract

Salah satu pemeriksaan yang digunakan untuk pemeriksaan orbita adalah parietoacanthial (waters method), pada umumnya Proyeksi Parietoacanthial pada pemeriksaan orbita menggunakan posisi pasien Postero-Anterior, namun di RSUD Dr. Moewardi memodifikasi proyeksi parietoacanthial sehingga posisi pasien yang digunakan adalah Antero-Posterior. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan studi kasus. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober 2019 di Instalasi Radiologi RSUD Dr. Moewardi dengan melakukan pengamatan langsung. Analisis data dilakukan dengan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proyeksi Parietoacanthial (waters method) yang dimodifikasi dari posisi Postero-Anterior menjadi Anterior-Posterior tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun pasien dengan posisi supine akan lebih nyaman karena pasien yang mengalami fraktur tidak berpindah posisi menjadi prone.

Author Biographies

Agustina Erfianita Jemamun, STIKes Guna Bangsa Yongyakarta

D3 RADIOLOGI

Sarika Setya Putri, STIKes Guna Bangsa Yongyakarta

DIII Radiologi

Anggriani Thesia, STIKes Guna Bangsa Yongyakarta

DIII Radiologi

References

[1] Applegate a.j. (2010). The anatomy and physiology learning system (4th ed.)
[2] Alahmer A. Thermal analysis of a direct evaporative cooling system enhancement with desiccant dehumidification for vehicular air conditioning. Applied Thermal Engineering. 2016; 9(8):1273–85.
[3] Bontrsger’s Hansdbook of Radiographic Positioning and Techniques, 8th editition 2014.
[4] Bontrsger’s Handbook of radiographic positioning and techniques, 9th edition Copy @2018 Elsevier, inc.all right resevered.
[5] Masi M, Gobbato P. Measure of the volumetric efficiency and evaporator device performance for a liquefied petroleum gas spark ignition engine. Energy Conversion and Management. Elsevier Ltd; 2012; 3(60):18–27.
[6] Price P, Guo S, Hirschmann M. Performance of an evaporator for a LPG powered vehicle. Applied Thermal Engineering. 2004; 24(8):1179–94.
[7] Puji Sugiyono. 2017. Keamanan Peralatan Radiasi Pengion Dikaitkan Dengan Perlindungn Hukum Bagi Tenaga Kesehatan Dibidang Radiologi Diagnostik
[8] Rasyad Syahriar, sukonto, Ekayuda Iwan. 2009. Radiologi Diagnostik, Jakarta :FKUI.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Jemamun, A. E., Putri, S. S., & Thesia, A. (2020). Teknik Pemeriksaan Parietoacanthial (Modified Waters Methode) Pada Kasus Fraktur Orbita Lateral Dekstra Di Instalasi Radiologi Rsud Dr. Moewardi. Prosiding University Research Colloquium, 95–97. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1024