Rasio-Rasio Pembentuk Angka Kemiskinan di Kabupaten Sragen

Authors

  • Muhammad Arif Ilmu Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Maulidyah Indira Hasmarini Ilmu Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aprilia Putri Wulandari Ilmu Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aan Sofyan Ilmu Gizi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Kemiskinan; Dependency Ratio; Disparitas; Aksesibilitas

Abstract

Kemiskinan selalu menjadi efek samping dalam program perumbuhan ekonomi dibelahan dunia manapun, bisa diartikan pula bahwa kemiskinan adalah bentuk residu dari pergerakan ekonomi, sehingga keberadaannya hampir selalu dapat dipastikan akan terjadi. Kompleksitas kemiskinan berbanding lurus dengan kemajuan perekonomian, semakin maju perekonomian suatu negara maka masalah yang muncul sebagai driver pembentuk kemiskinan juga akan lebih rumit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Dependency Ratio, Disparitas, dan Aksesibilitas sebagai variabel bebas terhadap Kemiskinan, populasi yang diamati dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat miskin wilayah di Kabupaten Sragen. Analisis yang digunakan untuk melihat hubungan tersebut adalah metode panel data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah dengan Tingkat Kemiskinan tertinggi berada di desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang dan wilayah Kemiskinan terendah berada di desa Sribit, Kecamatan Sidoharjo. Variabel Dependency Ratio dan Disparitas tidak berpengaruh signifikan sedangkan Aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap Kemiskinan. Hasil uji secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa Dependency Ratio, Disparitas, Aksesibilitas secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Sragen.

References

Arif, Muhammad, Distribusi Spasial Masyarakat Terkategori Miskin Dalam Basis Data Terpadu Kabupaten Sragen. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian dan Pengembangan. 2019; 2(2): 97-122.

Andiny, Puti dan Mandasari, Pipit. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan Terhadap Ketimpangan Di Provinsi Aceh, Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi. 2017; 1(2).

Aviva, Nur. Pengaruh Status Sosial, Ekonomi, dan Aksesibilitas Terhadap Tingkat Kemiskinan di Desa Ngapung Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Jurnal Swara Bhumi. 2015; 2(3): 1-6.

Nurwati, Nunung. Kemiskinan: Model Pengukuran, Permasalahan dan Alternatif Kebijakan. Jurnal Kependudukan Padjadjaran. 2008; 10 (1): 1-11.

Mariana, Yuni dan Intan Maulina. Analisis Hubungan Antara Pertumbuhan Penduduk Dependency Ratio dengan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Samosir. Seminar Nasional Royal. 2018. ISSN: 2622-9986 hlm. 441-446

Adisasmita, Rahardjo. Analisis Tata Ruang Pembangunan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012

Gujarati, Damodar. Basic Econometrics. New York. The McGrow Hill Companies Inc; 1995

Sukirno, Sadano. Teori Pengantar Makroekonomi.. Edisi Ketiga. Jakarta. PT. Raja Grasindo Perseda; 2010.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Arif, M., Hasmarini, M. I., Wulandari, A. P., & Sofyan, A. (2020). Rasio-Rasio Pembentuk Angka Kemiskinan di Kabupaten Sragen. Prosiding University Research Colloquium, 315–323. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1017