Pakom Membangun Karakter Cinta Lingkungan Melalui Pemanfaatan Limbah Kertas

  • Minsih Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rusnilawati Rusnilawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Imam Mujahid Institut Agama Islam Negeri Surakarta
  • Mila Choirunnisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Pendidikan karakter;, bahaya limbah;, limbah kertas;, cinta lingkungan;

Abstract

Pengabdian ini mempunyai tujuan: 1) Memberikan pengetahuan masyarakat pentingnya pendidikan karakter, 2) Memberikan pemahaman secara konkrit dan detail tentang bahaya limbah, 3) Membuat limbah kertas menjadi produk yang berguna. Pelaksanaan pelatihan mempergunakan beberapa metode, antara lain: ceramah/ power point, diskusi/ tanya jawab, workshop. Peserta dari pelatihan ini adalah masyarakat MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura dan serta Aisyiyah Gonilan Kartasura. Target luaran yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah pemahaman tentang pendidikan karakter bersih lingkungan, bahaya limbah, dan mampu menghasilakan produk-produk dari limbah kertas. Pengabdian Masyarakat dengan program pelatihan ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura dengan bekarjasama dengan Aisyiyah Gonilan Kartasura.

Author Biographies

Minsih Minsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta

PGSD FKIP

Rusnilawati Rusnilawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

PGSD FKIP

Imam Mujahid, Institut Agama Islam Negeri Surakarta

BKI FUD

Mila Choirunnisa, Universitas Muhammadiyah Surakarta

PGSD FKIP

References

[1]Haryati, Maharani, Tarsan Purnomo, Sunu Kuntjara. Kemampuan Tanaman genjer dalam menyerap limbah industry. Lentera Bio, Vol 1, No 3 pp 131-138, (2012).

[2]Zainudin, Pembuatan kerajinan berbahan dasar Koran. Artikel Onine (2017). http://www.google.co.id/search?q=pembuatan+limbah+koran+menjadi+hiasan+dinding&ie=utf-8&oe=utf 8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

[3]Sutyasmi, Sri. Daur Ulang limbah saung industry Penyamakan kulit untuk kertas seni. Majalah kulit, Karet dan Plastik. Vol 28, No.2, pp 113-121, (2012).

[4]Karmila. Utami Daur ulang Kartas sebagai uasaha kreativitas. Jurnal kreatif. Vol.1 No. 5. (2018).

[5]Suryani,. Daur Ulang Kertas dengan cara yang tepat (2015). file:///G:/daur-ulang-kertas-cara-tepat.html

[6]Marliani, Novi. "Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4.2 (2015).

[7]Sari, Aulia Mutiara, and Arif Widiyatmoko. "Pengembangan Alat Peraga Pemanasan Global Berbahan Bekas Pakai Untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan." Unnes Science Education Journal 3.3 (2014).

[8]Triwardani, Rachma. "Pembudayaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Bank Sampah Di Desa Duwet Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan." Kajian Moral dan Kewarganegaraan 3.1 (2013): 470-484.
Published
2020-05-12