IbM ‘Fruit Tree’ sebagai Media Pengenalan Angka dalam Bahasa Inggris untuk TK Aba Tlogoadi I

  • Setya Putri Rahayu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Dita Kristiana Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: belajar angka;, Bahasa Inggris;, TK ABA Tlogoadi I;, Fruit tree;

Abstract

Kemampuan berbahasa berkembang sangat pesat pada usia dini ketika masa kanak-kanak yang didominasi oleh langkah-langkah melihat, mengamati, dan menirukan. Masa kanak-kanak merupakan periode emas untuk membentuk pengetahuan dan perilaku yang akan diaplikasikan pada masa depan. Perkembangan kemampuan bahasa anak berkembang melalui du acara yaitu genetik dan lingkungan. Kedua aspek tersebut tidak dapat dipisahkan sebagaimana perkembangan otak yang terbentuk berdasarkan bukan hanya kode genetic yang telah ada sejak dilahirkan tetapi juga pengaruh lingkungan dari luar. Begitu pula Bahasa yang pada dasarnya digunakan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar (Oates & Grayson, 2004). Oleh karena itu, pengenalan Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing perlu dilakukan sejak anak usia dini untuk membentuk kebiasaan berbahasa yang dapat digunakan pada masa depan untuk menyongsong persaingan globalisasi. Sementara itu, pembelajaran Bahasa akan lebih menarik jika guru menggunakan metode visual dengan gambar warna warni. Media pembelajaran yang menarik akan memudahkan siswa untuk lebih memahami dan mengerti kata-kata dalam Bahasa Inggris yang disampaikan oleh guru. Akan tetapi, TK ABA Tlogoadi I yang terletak di Nyamplungan Tlogoadi Mlati Sleman memiliki beberapa masalah yang dianalisis oleh penulis antara lain: (1) sekolah tidak memiliki media pembelajaran yang menarik untuk mengajarkan angka dalam Bahasa Inggris kepada siswanya, dan (2) sumber daya guru di TK ABA Tlogoadi I adalah guru senior yang masih menggunakan cara konvensional untuk mengajarkan materi Bahasa Inggris kepada murid-muridnya. Berdasarkan permasalah – permasalahan mitra yang telah dianalisis, maka tujuan IbM ini adalah pembuatan ‘Fruit Tree’ sebagai media untuk belajar angka 1 – 15 dalam Bahasa Inggris serta membuat rekaman cara pelafalan kosakata angka 1 – 15 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.Metode pelaksanaan IbM ini meliputi survey kepada mitra, persiapan pembuatan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, sosialisasi media pembelajaran, dan evaluasi.Hasil yang diharapkan dari program IbM ini adalah memberikan kemudahan kepada guru TK ABA Tlogoadi I untuk mengajarkan angka dalam Bahasa Inggris secara lebih menarik.

Author Biographies

Setya Putri Rahayu, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Fakultas Ilmu Kesehatan

Dita Kristiana, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Fakultas Ilmu Kesehatan

References

[1] Menyuk, Paula dan Maria Estela Brisk. 2005. Language Development and Education: Children with Varying Language Experiences. Palgrave Macmillan: London.

[2] Oates, John and Andrew Grayson. 2004. Cognitif and Language Development in Children. Blackwell Publishing

[3] Reed, Michael A. 2009. Children and Language: Development, Impairment and Training. Nova Science Publisher, Inc: New York.
Published
2020-05-12