Edukasi Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Cedera Berulang Pada Komunitas Pencak Silat Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta

  • Wijianto Wijianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Edi Sugiarto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ariska Nabila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Khadijah Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: PRICE;, Latihan Stabilisasi;, Cedera Olahraga;

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat tapak suci Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan salah satu komunitas olahraga bela diri yang rutin mengisi kegiatan yang diadakan di kampus UMS maupun diluar kampus, mengikuti kejuaraan cabang, kejuaraan nasional antar mahasiswa hingga internasional. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, penyuluhan dilakukan dengan memberikan edukasi pertolongan pertama dan pencegahan cedera berulang berupa stability excersise.Untuk mengetahui tingkat kesadaran manfaat pertolongan pertama dan pencegahan cedera berulang dengan memberikan stability exerci Metode fisioterapi yang digunakan pada pertolongan pertama berupa PRICE, dan pencegahan dengan Stabiliy Exercise, kuisoner untuk mengetahui pemahaman pertolongan pertama dan pence gahan cedera berulang.Dari seluruh anggota diambil 19 data, pada pre edukasi didapati skor 57 tahu dan 38 tidak tahu, untuk mengetahui tingkat pemahaman setelah edukasi, peserta mempraktikkan kembali penanganan pertolongan pertama dan Latihan Stabilisasi, didapatkan tingkat pemahaman pre 38 dan post 95.Dapat dilihat dengan hasil kuesioner berdasarkan nilai tahu adalah 38. Namun, setelah diberikannya penyuluhan dan demonstrasi tentang pertolongan pertama pada cedera terjadinya peningkatan kepahaman atlet yang ditandai dengan adanya perubahan nilai kuesioner yaitu menjadi 95.

Author Biographies

Wijianto Wijianto, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fisioterapi/Fakultas Ilmu Kesehatan

Edi Sugiarto, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fisioterapi/Fakultas Ilmu Kesehatan

Ariska Nabila, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fisioterapi/Fakultas Ilmu Kesehatan

Siti Khadijah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fisioterapi/Fakultas Ilmu Kesehatan

References

[1]Ikatan Pencak Silat Indonesia. Tersedia padahttp://www.ruangguru.co.id/pencak-silat-pengertian-sejarag-teknik-dasarpencak-silat/. Diakses tanggal 19 Oktober 2019.

[2]Tapak Suci. Tersedia pada http://www.tapaksuci.id/pages/sekilas-sejarah-kberdirinya-tapak-suci). Diakses pada tanggal 19 Oktober 2019.

[3]Zein, D. (2014) . Hubungan Power Tungkai Terhadap Hasil Tendangan Depan Dan Tendangan Belakang Pada Cabang Olahraga Pencak Silat. Universitas Pendidikan Indonesia. 1-7.

[4]Wiarto, Giri (2013). Fisiologi dan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu

[5]Keyle Brown, CSCS, nsca’s performance training journal volume 9 issue 3,2010

[6]PRICE. Tersedia pada https://www.instagram.com/getfitwithphysio. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019.

[7]One leg squad. Tersedia pada https://www.fourfourtwo.com/performance/training/eight-warm-exercises. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019.

[8]Walking Lunge. Tersedia pada https://www.spotebi.com/exercise-guide/lunges. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019
Published
2020-05-12