Pengembangan Budidaya Jamur Pangan Dan Produk Olahannya Di Aisyiyah Ranting Saren Kalijambe, Sragen

Authors

  • Suparti Suparti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Putri Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Jamur tiram dan olahannya;, Aisyiyah ranting Saren;

Abstract

Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai melalui program ini adalah adanya usaha untuk menciptakan dan membina budaya wirausaha untuk masyarakat di desa binaan yaitu desa Saren, Kalijambe, Sragen. Menciptakan karakter masyarakat yang siap berwirausaha melalui penerapan Ipteks bidang budidaya jamur dan produk olahannya. Metode yang dipakai dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan,yaitu dengan cara pembenahan kubung jamur dengan menambah kricak (pasir kasar) sebahan bahan untuk lantai kubung jamur, pengadaan baglog sebanyak 1000 baglog (perawatan dan pemanenan), pelatihan pembuatan nugget jamur, pembuatan dan pemasaran nugget jamur. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan penghasilan bagi masyarakat desa binaan yaitu desa Saren kabupaten Sragen dengan adanya pemanenan jamur dan penjualan produk olahan jamur ini.

Author Biographies

Suparti Suparti, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Biologi/FKIP

Lina Agustina, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Biologi/FKIP

Putri Agustina, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Biologi/FKIP

References

Achmad, Mugiono, T. Arlianti, dan A. Chotimatul. 2011. Panduan Lengkap Jamur. Jakarta: Penebar Swadaya. Hal: 252.

Suparti dan Marfuah, Lismiyati. 2015. “Produktivitas Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Pada Media Limbah Sekam Padi dan Daun Pisang Kering Sebagai Media Alternatif”. Bioeksperimen. Vol 1. No 2. Hal: 2460- 1365.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Suparti, S., Agustina, L., & Agustina, P. (2020). Pengembangan Budidaya Jamur Pangan Dan Produk Olahannya Di Aisyiyah Ranting Saren Kalijambe, Sragen. Prosiding University Research Colloquium, 188–192. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/965