Edukasi Kemandirian Ekonomi Perempuan Sebagai Basis Dakwah Aisyiyah

  • Puspita Handayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Yanik Purwanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nihlatul Qudus Sukma Nirwana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Kemandirian;, Ekonomi;, Dakwah;, Aisyiyah;

Abstract

Kemandirian ekonomi perempuan merupakan hal terpenting dalam bangunan masyarakat paling kecil, yakni keluarga. Sebab yang pertama merasakan dampak krisis ekonomi bangsa, pemutusan kerja suami, dan kemiskinan adalah perempuan. Disinilah kemandirian ekonomi perempuan dibutuhkan, selain mereka sebagai penyelesai tugas domestik, perempuan juga bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Universitass Muhammadiyah Sidoarjo dalam program pengabdian masyarakat berbasis Al—Islam dan Kemuhammadiyahan bermitra dengan Pimpinan Ranting Aisyiyah Penatarsewu Cabang Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Aisyiyah sebagai Organisasi Perempuan Muhammadiyah memiliki tugas dan kewajiban untuk beramar ma’ruf nahi munkar menghasilkan kiprah konstruktif dalam kehidupan, salah satunya dengan edukasi dan pendampingan ekonomi perempuan melalui produk dan pemasaran hasil olahan ikan menjadi program unggulan persyarikatan. Olahan ikan yang dilakukan ibu Aisyiyah merupakan sisa ikan dari hasil tangkapan ikan yang melimpah, atau ikan tangkapan yang tidak dijual mentah, sehingga perlu untuk diolah menjadi produk-produk uang sehat dan memiliki nilai ekonomis. Pendampingan ini dilakukan saat pelaksanaan pengajian rutin Aisyiyah, yang biasa diisi materi keagamaan saja, maka diselingi dengan materi-materi ekonomi, kesehatan, dan lain-lain, sehingga adanya Dakwah Aisyiyah yang berkemajuan.

Author Biographies

Puspita Handayani, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Manajemen/Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial

Yanik Purwanti, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kebidanan/Fakultas Ilmu Kesehatan

Nihlatul Qudus Sukma Nirwana, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Akuntansi/ Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial

References

[1] Pimpinan Pusat Aisyiyah, Anggaran Dasar ‘Aisyiyah. 2017.

[2] D. Susanto, “Gerakan Dakwah Aktivis Perempuan ‘ Aisyiyah Jawa Tengah,” vol. 8, no. April, hal. 323–340, 2013.

[3] S. Pimpinan dan P. Aisyiyah, “Corak Pemikiran dan Gerakan Aktivis Perempuan ( Melacak Pandangan Keagamaan Aisyiyah,” hal. 125–138, 1945.

[4] D. S.N, “Muhammadiyah,” Saturday, 2018. [Daring]. Tersedia pada: www.umm.ac.id/id/muhammadiyah/15629.html.

[5] J. Pengabdian dan M. Ipteks, “Meningkatkan Kemampuan Anggota ‘ Aisyiyah dalam Pemberdayaan Potensi Ekonomi Daerah untuk Muhammadiyah di Balung Jember,” vol. 4, no. 1, hal. 65–76, 2018.
Published
2020-05-12