Sarasehan Peningkatan Produktifitas Batik Gumelem Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara

  • Aftoni Sutanto Universitas Ahmad Dahlan
  • A. C. Hidayat Universitas Ahmad Dahlan
  • Endah Dwiastuti Indriani Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Batik;, Gumelem;, Produktivitas;, Kualitas;, Pemasaran;

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada pengelola KUB batuk Gumelem untuk meningkatkan produktivitas yang lebih baik. Pengabdian dilakukan dalam bentuk kunjungan dan sarasehan pada tanggal 28 Desember 2019 pukul 13.30 sampai dengan 18.30. Lokasi kegiatan dilaksanakan di Desa Gumelem Wetan, Desa Gumelen Kulon, dan Desa Penerusan Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Pihak yang terlibat pada kegiatan ini yaitu dua dosen dari Magister Manajemen, satu dosen dari Teknologi Industri, satu mahasiswa Magister Manajemen, satu staf LPPM UAD,satu dari kecamatan yaitu Bapak Agus Arie Mardikan Toroaji (Bapak Aji) sebagai Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan satu kepala Desa Gumelem Wetan bapak Cartun. Mitra yang terlibat KUB batik Giri Alam, KUB batik yang dipimpin Ibu Kuatni dan KUB Sanggar Batik Mirah. Hasil pengabdian ini menjelaskan bahwa KUB batik Gumelem berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki prospek bisnis batik yang sangat bagus di waktu yang akan datang. Faktor-faktor yang perlu ditingkatkan untuk dikembangkan yaitu dari aspek variasi produk batik, peningkatan ketrampilan sumber daya manusia, tata kelola pengrajin batik, sistem produksi batik, penanganan limbah yang sesuai standar, rasa kebersamaan dan kesatuan antar pengrajin serta pemanfaatan lingkungan lingkungan menjadi desa wisata batik.

Author Biographies

Aftoni Sutanto, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Magister Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis

A. C. Hidayat, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Magister Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Endah Dwiastuti Indriani, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Magister Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

[1] Supriyanti, Retno. Murdyantoro, Eko dan Priswanto. 2017. Peningkatan Citra Batik Gumelem Melalui Sistem Informasi Berbasis Website Dan Perbaikan Sarana Prasarana. Jurnal Telematika Vol. 10 No. 2 Agustus 2017.

[2] Djawahir, Fatmah Siti. dan Kuncoro, Bambang. 2018. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan V III” 14 - 15 November 2018

[3] Wahjono, Sentot Imam. 2008. Manajemen Tata Kelola Organisasi Bisnis.Penerbit Indeks. Jakarta. 2008

[4] Martono, Joko. 2012. Mengenal Corak Batik Gumelem. Kompasiana.com.

[5] Humas Setda, 2019. Profil https://banjarnegarakab.go.id/website/pemerintahan/profil, diunduh 20 Desember 2019.

[6] Saputra, Imam Yuda. 2019. Batik Gumelem Kurang Tenar, Pemkab Banjarnegara Kurang Tanggap. Solopos.com.
Published
2020-05-12