Pengembangan Kompetensi SDM Pengelola Amal Usaha Muhammadiyah di Desa Pabelan

  • Tri Wahyono Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Budi Nur Rahman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: pengembangan;, kompetensi;, SDM;, amal usaha muhammadiyah;

Abstract

Kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh amal usaha muhammadiyah bidang pendidikan masih kurang sehingga materi dan pengetahuan yang disampaikan kepada siswa juga kurang maksimal. Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan kegiatan pengabdian melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia di amal usaha muhammadiyah bidang pendidikan ini adalah mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pendidik dalam hal kosep dasar sesuai materi pelajaran yang disampaikan dan dikhususkan pada mata pelajaran yang termasuk dalam Ujian Nasional Berbasis Nasional (USBN). Proses pengembangan kompetensi sumber daya manusia dimulai dengan penguatan materi atau konsep secara spesifik sesuai mata pelajaran yang disampaikan dan mata pelajaran yang diujikan dalam USBN. Selanjutnya, guru sebagai SDM yang sangat penting dalam amal usaha muhammadiyah bidang pendidikan dapat mengembangkan kompetensi dengan meningkatkan pemahaman tentang konsep dasar sesuai dengan materi yang secara spesifik diujikan dalam USBN. Proses pengembangan kompetensi SDM amal usaha muhammadiyah bidang pendidikan juga dapat dilakukan dengan dengan menyusun bahan ajar yang disertai dengan pelatihan mendesain tampilan (layout) cetak buku ajar agar lebih menarik dan mudah dibaca serta dipahami oleh siswa. Dengan demikian, kompetensi SDM amal usahan muhammadiyah bidang pendidikan yaitu guru diharapkan dapat bertambah sehingga prestasi siswa juga meningkat.

Author Biographies

Tri Wahyono, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Teknik Mesin/Fakultas Teknik

Muhammad Budi Nur Rahman, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Teknik Mesin/Fakultas Teknik

References

[1] Prihantoro A. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen. 2015;

[2] Kalangi R. Pengembangan sumber daya manusia dan kinerja aparat sipil negara di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara. J LPPM Bid EkoSosBudKum. 2015;2(1):1–18.

[3] Mina M. Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand di Indonesia (PMIPTI) Semarang. UIN Walisongo; 2017.

[4] Aryati AS. Pengaruh kompetensi sumber daya manusia pada Kinerja Pegawai (Studi pada Bappeda Kabupaten Malang). 2017;

[5] Azmy A. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia untuk Mencapai Career Ready Professional di Universitas Tanri Abeng. Binus Bus Rev. 2015;6(2):220–32.
Published
2020-05-12