Pelatihan Manajemen Website Sekolah Bagi Guru SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang

  • Dimas Sasongko Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ardhin Primadewi Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Pelatihan;, Website;, Guru;, SMK;

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian masyarakat adalah guru dan karyawan kesulitan untuk melakukan update konten/informasi pada website yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan karena tidak memiliki kompetensi manajemen website. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah meningkatkan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan khususnya manajemen website. Melalui kegiatan ini diharapkan guru dan karyawan akan memiliki keterampilan untuk menyampaikan informasi seperti pengumuman, publikasi kegiatan, dan promosi tentang sekolah melalui website sekolah. Permasalahan yang terjadi diselesaikan dalam lima tahap kegiatan yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, monitoring evaluasi, dan pelaporan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat menggunakan metode transfer ilmu pengetahuan kepada mitra melalui pelatihan, pendampingan, dan penugasan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan keberhasilan, ditunjukkan dengan hasil kuesioner pelatihan yang menunjukkan nilai sangat baik dan adanya respon positif dari peserta dalam tingkat keberhasilan menyelesaikan penugasan.

Author Biographies

Dimas Sasongko, Universitas Muhammadiyah Magelang

Fakultas Teknik

Ardhin Primadewi, Universitas Muhammadiyah Magelang

Fakultas Teknik

References

[1] Ishartono N, Kristanto YD, Setyawan F. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS. Proceeding of The URECOL; 2019:78–86.

[2] Sibyan H, WA BS, Sofyan AF. Pengukuran Kualitas Layanan Website Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ; 2016;3(3):174–84.

[3] Kusuma DRKR, Darmawan D, Hermana D, Dimyati E. Pemanfaatan Website Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Mempersiapkan Dan Mengoprasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan. Teknologi Pembelajaran; 2018;3(2): 699-11.

[4] Ismail AD, Jamil AF, Adityo A. Manajemen Humas Smk Muhammadiyah 9 Wagir untuk Meningkatkan Kredibilitas Sekolah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan; 2018;2(1):13–17.

[5] Nahlah N, Amiruddin A, Amansyah F. Perancangan Website Sekolah pada SDN 103 Kabupaten Sinjai sebagai Salah Satu Sarana Pembelajaran Online dan Penyajian Informasi. INTEK: Jurnal Penelitian; 2017;4(2):92–99.

[6] Ahmadi C, Hermawan D. E-business & e-commerce. Yogyakarta: Andi; 2013.

[7] Wiratama LS, Sasongko D. Evaluasi Antarmuka Website Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus Smk Muhammadiyah 2 Sragen). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer; 2017;8(1):135–40.

[8] Santoso B. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia; 2010.

[9] Rahayu CD, Purnamasari I. Pelatihan SDIDTK untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PAUD dalam Melakukan SDIDTK di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ; 2019;6(1):31–36.

[10] Guritno S, Rahardja U, others. Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Penerbit Andi; 2011.
Published
2020-05-12