Edukasi Penggunaan Antibiotik Kepada Kader PKK Desa Condongcampur, Kabupaten Kebumen

Authors

  • Naelaz Zukhruf Wakhidatul Kiromah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong
  • Yusuf Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong
  • Luluk Awalia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong
  • Uswatun Khasanah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Antibiotik;, edukasi;, penyuluhan;

Abstract

Antibiotik merupakan obat yang penting digunakan dalam pengobatan infeksi bakteri. Perilaku penggunaan antibiotik yang tidak tepat oleh masyarakat disebabkan kurangnya pengetahuan tentang antibiotik yang menyebabkan terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan edukasi dengan metode penyuluhan secara langsung di desa Condongcampur. Tentang penggunaan antibiotik yang rasional dan bijak. Pengabdian masyarakat ini merupakan pengabdian masyarakat deskripsi dengan metode pendekatan crossectional, menggunakan instrument kuesioner. Total 33 responden dalam pengandian masyarakat ini adalah kader PKK desa condongcampur, kecamatan Sruweng kabupaten Kebumen. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan tingkat pengetahuan masyarakat Desa Condongcampur tentang penggunaan antibiotik yang rasional dan bijak. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakabt ini dapat disimpulkan bahwa edukasi dengan penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan antibiotik.

Author Biographies

Naelaz Zukhruf Wakhidatul Kiromah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Program Studi Farmasi Program Sarjana

Yusuf Kurniawan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Program Studi Farmasi Program Sarjana

Luluk Awalia, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Program Studi Farmasi Program Sarjana

Uswatun Khasanah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Program Studi Farmasi Program Sarjana

References

[1] Lubis MS, Meilani D, Yuniarti R, Dalimunthe GI. Pkm Penyuluhan Penggunaan Antibiotik Kepada Masyarakat Desa Tembung. Amaliah J Pengabdi Kpd Masy. 2019;3(1):297–301.

[2] O’Neill J. Antimicrobial resistance: tackling a crisis for the health and wealth of nations. Wellcome Trust UK Goverment. 2014;

[3] Astuty E.J.T.A. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Rabies Pada Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Sumatra Barat. FK Hewan IPB, Bogor; 2009.

[4] Oh AL, Hassali MA, Al-Haddad MS, Sulaiman SAS, Shafie AA, Awaisu A. Public knowledge and attitudes towards antibiotik usage: a crrossectional study among the general public in the state of Penang, Malaysia. J Infect Dev Ctries. 2011;5(5):338–47.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Kiromah, N. Z. W., Kurniawan, Y., Awalia, L., & Khasanah, U. (2020). Edukasi Penggunaan Antibiotik Kepada Kader PKK Desa Condongcampur, Kabupaten Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 64–67. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/899