Remaja Keren Tanpa Rokok di SMK Muhammadiyah Sampang Kecamatan Sempor Kebumen

  • Hendri Tamara Yuda STIKES Muhammadiyah Gombong
  • Mochamad Ryan Fauzi STIKES Muhammadiyah Gombong
  • Linda Rahayu STIKES Muhammadiyah Gombong
  • Mustika Mustika STIKES Muhammadiyah Gombong
Keywords: Pengetahuan;, remaja;, bahaya merokok;

Abstract

Merokok merupakan suatu kebiasaan yang tidak asing.. Berbagai kandungan zat yang terdapat di dalam rokok memberikan dampak negatif pada tubuh penghisapnya. Tidak hanya orang dewasa, lansia bahkan sampai remaja sudah menjadi pecandu rokok, baik rokok tembakau maupun rokok elektrik. SMK Muhammadiyah Sampang terletak di wilayah pegunungan di Kecamatan Sempor. Sekolah ini memiliki murid yang sebagian besar adalah laki laki. Permasalahan yang didapat bahwa siswa SMK Muhammadiyah Sampang Sempor sebagian besar belum pernah mendapatkan informasi tentang bahaya merokok dan beberapa siswa juga merupakan perokok aktif. Tujuan pengabdian masyarakat berupa meningkatkan pengetahuan tentang bahaya merokok pada siswa SMK. Metode yang dilakukan yaitu penyuluhan. Dari 28 siswa SMK yang mengikuti kegiatan rata rata pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan yaitu 63,58 sedangkan rata rata pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan 88,57. Kesimpulan bahwa pengetahuan siswa SMK Muhammadiyah Sampang Sempor meningkat setelah diberikan penyuluhan tentang bahaya merokok.

Author Biographies

Hendri Tamara Yuda, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga

Mochamad Ryan Fauzi, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga

Linda Rahayu, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga

Mustika Mustika, STIKES Muhammadiyah Gombong

Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga

References

[1] Kemenkes RI, “Hasil Utama RISKESDAS 2018,” Jakarta, 2018.

[2] S. Notoatmodjo, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.

[3] P. Rahayu, “Hubungan Antara Pengetahuan Bahaya Merokok dengan Perilaku Merokok pada Mahasiswa,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

[4] A. A. A. Hidayat, Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2009.

[5] DEPKES RI, Panduan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Rumah Tangga. Departemen Kesehatan. Jakarta, 2009.
Published
2020-05-12