Community Economic Improvement Through Processing Cassava Into Mocaf Flour

  • Widya Mufida Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Muhammad Fakhrurreza Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Fisnandya Meita Astari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Asih Puji Utami Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ahmad Faesol Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Singkong;, mocaf;, desa Muntuk;

Abstract

Singkong yang memiliki nama latin Manihot Esculennta merupakantumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik ratarata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-8080 cm, tergantung darijenis s singkong yang ditanam. Dalam industri makanan, pengolahansingkong dapat digolongkan menjadi tiga yaitu hasil fermentasisingkong, singkong yang dikeringkan, dan tepung singkong atautepung tapiokatapioka. Di Yogyakartagyakarta terdapat suatu dusun yang memilikilahan perpertaniantanian singkong yang luas yaitu Dusun Muntuk. DusunMuntuk merupakan dusun yang sebagian besar penduduknya bekerjasebagai petani singkong, dan hasil panen para petani singkongsebagian digunakan untuk p pakanakan ternak pada musim panas dansebagian dijual dengdengan harga yang rendah. Potensiotensi budidaya danpengolahan singkong di desa Muntuk sangat besar dan hingga kinibelum dimanfaatkan secara maksimamaksimal. Melaluielalui program PengabdianMasyarakat di Dusun Muntuk dapat memberdayakan masyarakatdengan memanfaatkan hasil pepertanianrtanian berupa singkong menjadisebuah produk pangan yang bernilai jual tinggi yaitu MocafMocaf.

Author Biographies

Widya Mufida, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Radiologi Fakultas Ilmu Kesehatan

Muhammad Fakhrurreza, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Radiologi Fakultas Ilmu Kesehatan

Fisnandya Meita Astari, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Radiologi Fakultas Ilmu Kesehatan

Asih Puji Utami, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Radiologi Fakultas Ilmu Kesehatan

Ahmad Faesol, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Prodi Radiologi Fakultas Ilmu Kesehatan

References

[1] Purwono dan Heni Purnamawati.. Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul. Penebar Swadaya:Jakarta; 2009

[2] Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Pengembangan Usaha Pengolahan Tepung Tapioka, Direktorat Jendral Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Departemen Pertanian; Jakarta 2005

[3] Handayani, Membedah Rahasia Ramuan Madura. Surabaya: Agromedia Pustaka ; 2008

[4] Ruriani, Eka, et al. "Identifikasi Potensi MOCAF (Modified Cassava Flour) sebagai Bahan Pensubstitusi Teknis Terigu pada Industri Kecil dan Menengah di Jawa Timur (Potency Identification of MOCAF (Modified Cassava Flour) as Technical Substitution of Wheat Flour in Small and Medium Enterprises in East Java)." Jurnal Pangan 22.3 (2013): 229-240.
Published
2020-05-12