Penerapan Pijat Kaki dan Rendam Air Hangat Campuran Kencur untuk Mengurangi Oedema Kaki pada Ibu Hamil Trimester III di PMB Supriyatin, Amd. Keb.

Authors

  • Z Zaenatushofi STIKes Muhammadiyah Gombong
  • Eti Sulastri STIKes Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Hamil, Ketidaknyamanan, Fisiologis, Trimester III, Oedema, Pijat, Rendam air kencur

Abstract

Latar Belakang : Ibu hamil mengalami perubahan fisiologis dan psikologis yang mengakibatkan ketidaknyamanan pada ibu hamil trimester III, Salah satunya adalah oedema. Oedema kaki terjadi akibat penekanan uterus yang menghambat aliran balik vena dan tarikan gravitasi yang menyebabkan retensi cairan semakin besar. Oedema cukup berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan gangguan pada jantung, dan ginjal. Penulis tertarik untuk melakukan penerapan pijat kaki dan rendam air hangat campuran kencur untuk mengurangi oedema pada ibu hamil trimester III. Tujuan : Melakukan penerapan pada Ibu hamil dengan oedema fisiologis menggunakan pijat kaki dan rendaman air kencur. Metode: Metode ini menggunakan deskriptif analitik yang mengambil responden sebanyak 5 orang dengan kategori ibu hamil trimester III dengan oedema kaki. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil : Hasil dari penerapan pijat kaki dan rendam air hangat campuran kencur pada 5 responden yaitu adanya perubahan menjadi tidak oedema. Kesimpulan : Pijat kaki dan rendam air hangat campuran kencur dapat menurunkan oedema kaki pada ibu hamil trimester III.

References

[1] Prawirohardjo, (2010). Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBP-SP.
[2] Famela, D. (2016). Pijat Kaki Untuk Mengatasi Edema KakiFisiologis Ibu Hamil TrimesterIII Ny S Umur 28 TahunG2P1A0 Di BPM Hj. MaunahTembakagung Klirong Kebumen. Karya Tulis Ilmiah,Stikes MuhammadiyahGombong
[3] Coban, A., & Sirin, A. (2010). Effect of foot massage to decrease physiological lower leg oedema in late pregnancy: a randomized controlled trial in Turkey. International Journal ofNursing Practice, 16(5), 454460.
[4] Chase, B., (2016). Prinsip kerja terapi pijat kaki dan rendam air hangat untuk edema. Jurnal keperawatan.
[5] Sanjaya, A., (2015). Persiapan pemijatan terdiri dari menyediakan tempat yang nyaman, menyeimbangkan diri, effleurage atau usapan ringan. JurnalKeperawatan.
[6] Flona. (2010). Terapi Aromatic Mendongkrak Gairah Bercinta. Jakarta: Gramedia.
[7] Wulandari, P. (2017). Effect Foot Soak Using Warm Water Mixed with Salt and Lemongrass to Decrease Pressure in Hypertension Patients in the Podorejo Ngaliyan. JurnalKeperawatan, 7(1).
[8] Hasanah NA, F. N., Ellin Febrina, Ade Zuhrotun. (2011). Analisis Kandungan Minyak Atsiri Dan Uji Aktivitas Antiinflamasi Ekstrak Kencur (KaempferiaGalaga L). Jurnal Matematikadan Sains, 16(3), 152.
[9] Miranti, L. (2009). Pengaruh konsentrasi minyak atsirikencur (Kaempferia galangaL.) dengan basis salep larut airterhadap sifat fisik salep dandaya hambat bakteriStaphylococcus aureus secara in vitro. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[10] Syabbahul, (2011). Mekanisme edema pada ibu hamil. Jurnal nasional edema, 4 (1).

Downloads

Published

2019-10-21

How to Cite

Zaenatushofi, Z., & Sulastri, E. (2019). Penerapan Pijat Kaki dan Rendam Air Hangat Campuran Kencur untuk Mengurangi Oedema Kaki pada Ibu Hamil Trimester III di PMB Supriyatin, Amd. Keb. Prosiding University Research Colloquium, 663–668. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/705