IMPLEMENTASI PENGERING SALE PISANG DI KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN

  • Syahid Syahid
  • Sidiq Syamsul H
  • Ari Santoso
Keywords: Pengering, Sale Pisang, Pengaturan Suhu

Abstract

Pengeringan sale pisang  merupakan masalah yang sering dihadapi pengusaha sale pisang pada umumnya. Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi sehingga pengeringan sale pisang menjadi masalah yang perlu diberikan solusinya. Metode pengeringan tradisional yaitu dijemur dipanas matahari membutuhkan waktu yang lama dan sangat tergantung dengan sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan hasil produk sale pisang menjadi tidak baik bahkan bisa menjadi busuk..UMKM Harum Manis dan  UMKM Capas di kecamatan Adimulyo kabupaten Kebumen Jawa Tengah  merupakan mitra yang berkecimpung di bidang pengolahan pisang menjadi sale pisang. Kedua mitra tersebut sering mengalami permasalahan yaitu sale pisang yang dihasilkan busuk pada saat musim hujan dikarenakan pengeringan  yang dilakukan masih mengandalkan sinar matahari. Disamping itu dperlukan area yang luas untuk menjemur sale pisang. Sale pisang juga harus segera dikeringkan agar tidak menjadi busuk.Implementasi pengering sale pisang ini dimaksudkan  untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan pada bidang pengeringan sale pisang dan masalah- masalah kualitas sale pisang yang dialami kedua UMKM tersebut. Teknologi pengeringan saat ini yang dikembangkan adalah pengeringan dengan pengontrolan suhu mesin sehingga bisa mengatur temperatur dengan tepat dan  tingkat kadar air dengan tepat.

References

[1] ] Amin, S. 2004. Alat pengering tenaga matahari dan biomassa. Majalah IPTEKnet
[2] Cahyono, Bambang. 1995. Pisang, budidaya dan analisis usaha tani. Kanisius. Yogyakarta
[3] Doe.E.Peter,1998. Fish drying and smoking production and quality. CCR Press.USA
[4] Komuro H., Hosokawa A., editor. 1995. Rice Post-Harvest Technology, The Food Agency. Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries, Japan.
[5] Satuhu,s. 1992. Pisang, Budidaya, pengolahan dan prospek Pasar. Penebar swadaya. Jakarta
[6] Syahid,2016,Pemanfaatan Teknologi Pengering Gabah tipe resirkulasi di Desa Cepoko Sawit Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, proseding seminar Sentrinov, Semarang
[7] Taib, G. Said, G. Wiraatmadja. 1988. Operasi pengeringan pada pengolahan hasil pertanian.PT. Mediatama Sarana Perkasa. Jakarta
[8] Taufik, Azrifirwan, dan Chatib. 2006. pengeringan pisang salai dengan menggunakan tipe rak. Skripsi
[9] Totok P. 2008. Pengaruh Waktu Pengeringan dan Tempering terhadap mutu beras pada pengeringan gabah lapisan tipis. Jurnal Semesta Teknika. Volume 11 Nomor 1 Mei 2008.
Published
2019-01-21