VISUALISASI SISTEM KENDALI LAMPU LISTRIK DENGAN SMS GATEWAY BERBASIS ANDROID

Authors

  • Pahrizal Pahrizal
  • Dwita Deslianti

Keywords:

sistem pengendali, Android, SMS

Abstract

Perkembangan teknologi komputer sudah semakin pesat berkembang, salah satu teknologi yang berkembang yakni dalam sistem pengendali. Telah banyak di ciptakan sistem pengendali saat ini baik yang menggunakan kabel ataupun tanpa kabel, salah satu contoh remote tv yang memanfaatkan gelombang infrared untuk mengendalikan pengaturan pada tv seperti volume, kecerahan gambar, on/off dan lain sebagainya. Namun remote tv yang menggunakan infrared jangkauannya sangatlah terbatas.

 

Salah satu fungsi handphone yang paling populer adalah mengirim dan menerima pesan singkat atau sering disebut SMS. Pesan singkat atau SMS ini sangat cocok di gunakan untuk sistem pengontrol Wireless Real-Time karena kemampuan dalam kecepatan mengirim data, jangkauan yang luas serta efisiensinya. Dalam sistem pengontrol SMS tidaklah bisa langsung di gunakan karena kemampuannya tersebut perlu alat pendukung dan tambahan perangkat pengontrol berupa mikrokontroler agar dapat melengkapi fungsinya sebagai alat pengontrol jarak jauh.

 

Salah satu sistem operasi yang tertanam pada mobile device yang dapat di gunakan untuk menjalankan visualisasi pengendali tersebut adalah sistem operasi Android. Android merupakan sistem operasi yang paling banyak di gunakan pada mobile device saat ini karena kemudahan dan kecanggihan teknologi yang di gunakan.

References

Andriani, E. (2010, Mei 30). Pengertian Sistem Kendali. Diambil kembali dari My Life Stories: http://eviandrianimosy.blogspot.com/2010/05/pengertian-sistem-kendali.html
Astiyana, S. D. (2011). Pernacangan Aplikasi Pengendali Lampu Ruangan Berbasis SMS Gateway Dengan Mikrokontroler. Naskah Publikasi, 7-8.
Bhawiyuga, A., Shidiqi, A. M., & Adipratomo, B. (2011). Sistem Pelaporan Dan Informasi Posisi Kereta Api Berbasis Global Positioning System (Gps) Pada Device Berbasis Android. Tugas Akhir, 2-3
Nokas, E. K. (2011). Membangun Aplikasi SMS Getway Sebagai Media Penyampaian Infromasi Pada Pelaksanaan PPM (Penggalian Potensi Mahasiswa). Naskah Publikasi.
Supardi, I. (2014). Semua Bisa Menjadi Programer Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Pahrizal, P., & Deslianti, D. (2019). VISUALISASI SISTEM KENDALI LAMPU LISTRIK DENGAN SMS GATEWAY BERBASIS ANDROID. Prosiding University Research Colloquium, 143–147. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/494