KINERJA RADIATOR KENDARAAN PADA BERBAGAI LAJU ALIRAN UDARA

  • Eqwar Saputra
  • Marwan Effendy
Keywords: Efektivitas, radiator, kecepatan kipas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendinginan radiator pada berbagai variasi aliran udara yang melintasi radiator. tipe compact heat exchanger tube and fins. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan eksperimental pada sebuah kendaraan BMW seri E.36 dengan keadaan mobil berhenti. Proses penelitian diawali dengan memodifikasi komponen pendukung seperti tangki reservoir penampung air radiator, water pump, dan radiator. Alat ukur temperatur dipasang pada saluran masuk dan keluar pada komponen radiator untuk memonitor gelaja perubahan temperatur yang terjadi pada fluida kerja sebagai akibat perpindahan panas dari motor bakar. Intervensi putaran kipas angin pada radiator dioptimasi untuk mendapatkan data kondisi yang optimal dari sebuah sistem pendingin radiator. Penelitian dilakukan dengan variasi kecepatan kipas antara 3,5 hingga 6,5 m/s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas radiator mencapai nilai optimum pada kecepatan kipas 6,5 m/s dengan nilai efektivitas sebesar 0,598.

References

Hollman, J. P. (1999). Perpindahan Kalor. Erlangga : Jakarta.
Murti, R. M. (2008). Laju Pembuangan panas pada radiator dengan fluida campuran 80 % air dan 20 % RC pada Rpm Konstan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, 2(1), 4-9.
Nazzaruddin., & Yuliani. (2013). Analisa Debit Aliran Fluida Terhadap Efektivitas Radiator. JURNAL APTEK, 5(1).
Prasetyo, Y. (2006). Pengaruh Debit Aliran Terhadap Efektivitas Radiator. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Mesin, UNNES, Semarang.
Parashurama, M. S., Dhananjaya, D. A., & Kumar N, R. R. (2015). Experimental Study of Heat Transfer in a Radiator using Nanofluid. International Journal of Engineering and Research. 3(2). ISSN: 2321-9939.
Prasetyo, T. B. (2007). Pengujian Karakteristik Unjuk Kerja Radiator. Jurnal MESIN, 9 (1), 107-113.
Simamora, F.D., Sappu. P. F., & Ulaan Y. V. T. (2015). Analisis Efektivitas Radiator Pada Mesin Toyota Kijang TIPE 5 K. Jurnal Online Poros Teknik Mesin, 4(2).
Soebiyakto, G. (2012). Analisis Volume Air Radiator Terhadap Perubahan Temperatur Pada Motor Diesel Chevrolet. Jurnal PROTON, 4(1), 1-5.
Wiryanta, H. E. K. I. (2017). Studi Eksperimental Unjuk Kerja Radiator Pada Sumber Energi Panas Pada Rancang Bangun Simulasi Alat Pengering. JURNAL LOGIC, 17(2).
Published
2019-01-21