ANALISIS KINERJA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI PDAM DENGAN SOFTWARE EPANET

Authors

  • Muhamad Taufik
  • Tri Subagyo

Keywords:

jaringan distribusi, kehilangan air, tekananpurwokerto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengevaluasi tingkat kehilangan air pada pipa jaringan distribusi PDAM, (2) menganalisa headloss (kehilangan tenaga) dan Presssure (tekanan) air pada pipa jaringan distribusi PDAM.

Dalam distribusi air sampai ke pelangan selama bertahun tahun dari pihak PDAM belum ada indikator yang mengukur besarnya tingkat akurasi jaringan distribusi, yang meliputi : kehilangan air, tekanan air dan kecepatan air. Penggunaan software EPANET 2.0 ini dapat mensimulasikan sistem distribusi air minum pada wilayah tertentu, diharapkan  dapat memodelkan sistem distribusi air. Jenis penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan data sekunder yang didapat dari PDAM Tirta Perwitasari Purworejo.

Berdasarkan simulasi didapat jam terendah pelayanan yaitu jam 2 malam dan jam puncak pelayanan jam 6 pagi. Hasil dari analisis program Epanet 2.0 (pada jam puncak pelayanan) menunjukkan terjadi kondisi pressure (tekanan) tertinggi sebesar 8,99 m, kondisi head tertinggi sebesar 93 m, kondisi flow(debit aliran) tertinggi sebesar 0,20 LPS, kondisi velocity (kecepatan aliran ) tertinggi sebesar 0,07 m/s dan kondisi headloss (kehilangan tekanan) tertinggi sebesar 0,40 m/km Dari hasil analisis program, sudah berjalan sukses yang menunjukan bahwa simulasi pada distrik Plaosan berjalan dengan baik.

References

Dewi, K. H. 2014. Analisis Kehilangan Air Pada Pipa Jaringan Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret. Solo.
Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. 2009. Pedoman Penurunan Non Revenue Water (NRW) Atau Air Tak Berekening (ATR). Jakarta.
Rossman, L. A. 2000. Epanet Users Manual.( Terjemahan EKAMITRA Engineering ). Environmental Protection Agency. USA.
Taufik, M. 2013. Optimasi Faktor Penyediaan Air Relatif Sebagai Solusi Krisis Air. Jurnal Surya Beton Vol 1. No.1 hal 1 -9 . Universitas Muhammadiyah. Purworejo.
Triatmodjo, B. 1993. Hidrolika II. Beta Offset. Yogyakarta.
Yosefa, F. 2017. Analisis Perencanaan dan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Bersih di PDAM Tulungagung. Teknik lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Taufik, M., & Subagyo, T. (2019). ANALISIS KINERJA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI PDAM DENGAN SOFTWARE EPANET. Prosiding University Research Colloquium, 58–62. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/482