KARSA CIPTA BIDANG ENERGI TERBARUKAN MEMBUAT RANCANG BANGUN SOLAR WATER HEATER (SWH) JENIS PELAT DATAR DENGAN PEMROGRAMAN ARDUINO UNO

  • Yusuf Budiyono
  • Ervie Sukma Prabawati
  • Faisal Ardi Nugroho
  • Agus Ulinuha
Keywords: pemanas air, arduino UNO, tenaga matahari, motor DC

Abstract

Tenaga surya merupakan salah satu energi alternatif dengan resiko polusi yang sangat rendah.  Pemanfaatan tenaga surya  juga sudah merambah ke  berbagai sektor  dalam prakteknya. Sampai hari ini, muncul berbagai inovasi yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai solusi berbagai masalah. Namun, semua yang berhubungan dengan pemanfaatan tenaga surya masih memakan biaya yang cukup banyak. Pada penelitian ini, titik fokus yang dituju adalah menciptakan sebuah alat yang memanfaatkan tenaga surya dengan biaya yang cukup rendah, yaitu menciptakan sebuah pelat yang dapat memanaskan air dengan cahaya matahari. Pemanas yang akan dibuat pada penelitian ini tidak menggunakan  komponen  elektronika  yang  rumit,  pelat  ini  terbuat  dari  pipa tembaga  yang  memliki panjang  15  meter  dan diameter  0,5 inci.  dalam pengoperasiannya pemanas ini menggunakan mikrokontroler berbasis Arduino UNO. Mikrokontroler ini mengaktifkan pompa air motor DC dan kran otomatis dengan motor DC sebagai penggerak.  Penggunaan pemanas ini sepenuhnya  mengandalkan radiasi cahaya  matahari  dengan  sistem  pasif.  Pemanas ini  menghasilkan  suhu  air  yang mencapai  lebih  dari  45  °C.  Dalam satu kali pengisian  kolektor  pelat  datar  dapat diperoleh volume 1,5 liter. Pada penyimpan air panas terbuat dari bahan stainless steel dengan kapasitas volume 50 liter. Hasil penelitian dan pengujian ini akan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air panas. Mengingat harga pemanas air di pasar masih cukup tinggi dan menyebabkan polusi.

References

EPA. 2013. Solar Energy. United States Environmental Protection Agency. Washington D.C. USA. Kinhal, Vijayalaxmi. Integrated solar collector storage system based on a salt-hydrate phase changematerial.Solar Energy 1995; 55: 435–444.
Arefin, Ashraful.( MARCH 2016) SOLAR ENERGY OPTIMIZATION USING ARDUINO BASED MAXIMUM POWER POINT TRACKING SYSTEM., Assistant Professor. Department of Electrical & Electronic Engineering. Northern University Bangladesh.
Matthieu, Calaeiss (March 29, 2014 ). Using Arduino to Monitor an Homemade Energy Autonomous Platform. TEKTOS IUT de Saint-Omer Dunkerque – Dept. Génie Industriel et Maintenance – Longuenesse, FR-62698.
Shelmi, M., et al., 2008, Validation of CFD simulation for flat plate solar energy collector,
Renewable Energy 33 (2008), Pp. 383–387.
Published
2019-01-21