Peningkatan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang

Authors

  • Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Oesman Raliby Al Manan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ardhin Primadewi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tuessi Ari Purnomo Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

wirausaha, kewirausahaan, enterpreneur, enterpreneurship, ummgl

Abstract

Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMgl) mempunyai visi “Unggul dalam Ilmu, Islami dalam Perilaku” yang dimana bertanggung jawab untuk memberikan bekal terhadap mahasiswanya untuk mandiri setelah lulus dari perguruan tinggi. Untuk menyiapkan itu maka UMMgl menekankan kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi entrepreneur yang mandiri dan unggul, untuk menuju ke sana memang tidak mudah. Proses – proses dari kurikulum, magang, dan inkubator entrepreneur pun perlu disiapkan secara matang dan terstruktur. Menjadi wirausaha memang tidak mudah, membutuhkan mentor dan bimbingan yang tepat agar berhasil nantinya menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang intinya adalah kemandirian pada jiwa mahasiswa UMMgl. Metode yang diusulkan dalam proposal ini melalui bebrapa tahapan pendampingan yang intensif, diantaranya adalah: 1) Pelatihan di kelas dengan narasumber dan praktisi kewirausahaan dalam bentuk ceramah, diskusi, studi kasus, discovery eksplorasi, simulasi, dan testimoni; 2) magang pada industri mitra untuk meningkatkan ketrampilan manajerial, keuangan, teknis, dan pembangunan jiwa kewirausahaan; 3) studi banding untuk mendapatkan penjelasan langsung di tempat industri dari pemilik; 4) pola pembimbingan;5) pola pengawasan; 6) pola pemberian bantuan pembiayaan untuk tenant. Hasil dari Program ini dibentuk 5 tenan yang sudah diseleksi dan dipandang mampu menjadi wirausaha siap bersaing di masyarakat.

References

Febriyanto, 2015. STRATEGI PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA DI PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(1), pp.105–115.
Kemendikbud, 2014. Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Indonesia.
Novialumi, A., 2017. STRATEGI PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA STMIK MITRA KARYA BEKASI. Jurnal Parameter, 2(1).
Ristekdikti, 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XII XII., Jakarta: DRPM.
UMMagelang, 2018. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan KKNI Program Studi Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang: UMMagelang.
UMMagelang, 2017a. Laporan Audit Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang.
UMMagelang, 2017b. Rencana Jangka Panjang Universitas Muhammadiyah Magelang 2008-2024, Magelang.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Setiawan, A., Al Manan, O. R., Primadewi, A., & Purnomo, T. A. (2019). Peningkatan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Prosiding University Research Colloquium, 410–416. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/464