IbM PIJAT BAYI DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN BAYI DI NASIYATUL AISYIYAH TALAGENING PURBALINGGA

Authors

  • Diah Atmarina Yuliani

Keywords:

pengetahuan, ketrampilan, pijat bayi

Abstract

Pijat bayi merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghilangkan ketegangan dan perasaan gelisah terutama pada bayi. Pijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-ototnya sehingga bayi menjadi tenang dan tidurnya nyenyak.Tujuan kegiatan adalah Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan  ibu tentang pijat bayi. Tahap-tahap kegiatan diawali survey ke kelompok sasaran, koordinasi dan pengurusan ijin dengan instansi terkait, serta persiapan bahan dan peralatan. Kegiatan pengabdian meliputi pemberian pendidikan kesehatan tentang pentingnya pijat bayi  untuk meningkatkan kesehatan bayi. Pendampingan dalam mempraktikkan pijat bayi yang bertujuan ibu yang mempunyai bayi dapat melakukan pijat bayi dengan benar. Follow up kegiatan dilakukan pada bulan keempat kegiatan dengan hasil monitoring ibu –ibu mengerti dapat melakukan pijat bayi pada bayinya sendiri. Pentingnya pengabdian pada masyarakat ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan ibu – ibu tentang pijat bayi.

References

a) Hikmah, E. 2010. Pengaruh Terapi Sentuhan Terhadap Suhu Dan Frekuensi Nadi Bayi Prematur Yang Dirawat Di Ruang Perinatologi RSUD Kabupaten Tangerang. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan Kekhususan Keperawatan Anak Universitas Indonesia. Jakarta.
b) Maharani, S. 2009. Pijat Dan Senam Sehat Untuk Bayi. Penerbit Kata Hati. Yogyakarta.
c) Rakhmawati, W. 2007. Pijat Bayi. Universitas Padjadjaran. Bandung.
d) Roesli, U. 2009. Pedoman Pijat Bayi. Penerbit Pustaka Pembangunan
Swadaya Nusantara. Jakarta.
e) ________. 2013. Mengenal ASI Eksklusif. PT Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Jakarta.
Vivian, N. L. D. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Penerbit Salemba Medika. Jakarta

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Yuliani, D. A. (2019). IbM PIJAT BAYI DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN BAYI DI NASIYATUL AISYIYAH TALAGENING PURBALINGGA. Prosiding University Research Colloquium, 701–704. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/420