PENGARUH PENYULUHAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Naelaz Zukhruf Wakhidatul Kiromah
  • Chondrosuro Miyarso
  • Khusnul Khuluk
  • Khobiratul Majidah
  • Asriani Tagawuningsih
Keywords: Jajanan Sehat, Pengetahuan, Penyuluhan

Abstract

Kandungan gizi merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan,perkembangan, dan kesehatan seseorang. Ketersediaan dan keamanan pangan merupakan hak dasar manusia. Saat ini masalah tersebut menjadi keprihatinan dunia telah dilaporkan bahwa manusia dilaporkan menderita keracunan pangan, dan kelompok masyarakat yang sering mengalami keracunan makanan adalah anak sekolah dasar.Potensi anak di sekolah dapat terganggu akibat anak mengkonsumsi jajanan tidak sehat. Sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar dalam memilih jajanan sehat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan menonton video tentang akibat mengkonsumsi jajanan tidak sehat. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan disertai dengan pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa yang mengikuti penyuluhan jajanan sehat paling banyak siswa kelas IV  (32%) dengan jumlah keseluruhan 57 siswa/siswi. Sebagian besar merupakan siswa/siswi yang berusia 9 tahun (23%), sebagian besar berjenis kelamin laki-laki (63%). Hasil evaluasi menurut penilaian pretest dan posttest diketahui sebagaian besar memiliki pengetahuan yang meningkat (66,67%. Rata-rata nilai evaluasi posttest lebih baik daripada pretest. Hal ini menandakan adanya efektivitas penyuluhan dalam meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar tentang jajanan sehat.

References

Ardiansyah, A.,Herdiani dan Satria, W., 2017. Sosialisasi Jajanan Sehat Sebagai Upaya Perbaikan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar SD Miftakhul Ulum Surabaya. Jurnal Kesehatan Masyarakat 1(1): 21-27 ISSN 2580-5282.
Hamida, Khairuna., Zulaekah, Siti., Mutalazimah. 2012. Penyuluhan Gizi dengan Media Komik untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Keamanan Makanan Jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(1): 67-73 ISSN 1858-1196.
Hapsari II dan Suminar DR. Efektifitas Ludo Word Game terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Pucang. [Skripsi]. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Vol 5. No 1. 1-16. Tersedia dalam: http://journal.unair.ac.id/ article_2911_ media8_category10.html.
Hartono P,N., Wilujeng C,S., dan Sri A,. 2015, Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik, Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2): 9-17 ISSN 2442-6636.
Judarwanto, W.,. 2008. Perilaku Makan Anak Sekolah. http://gizi.depkes.go.id/makalah/download/perilaku%20makan%20anaksekolahpdf.
Nurbiyati, T., dan Wibowo A,H,. 2014, Pentingnya Memilih Jajanan Sehat Demi Kesehatan Anak, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(3): 192- 196 ISSN 2089 – 3086.
Published
2019-01-21