EFEKTIVITAS PREGNANCY MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH PADA IBU HAMIL TRIMSETER III

Authors

  • Nur Chabibah
  • Milatun Khanifah

Keywords:

Pregnancy massage, tekanan darah, trimester III

Abstract

Proses kehamilan secara biologis akan meningkatkan volume dan tekanan darah. Pada trimester III  keluhan-keluhan dan bayangan persalinan yang tidak normal seringkali meningkatkan resiko kecemasan pada ibu hamil yang berdampak pada peningkatan tekanan darah ibu. Olehkarena itu bidan perlu memberikan asuhan untuk menghilangkan keluhan-keluhan ibu hamil tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pregnancy massage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian pregnancy massage terhadap perubahan tekanan darah ibu hamil trimester III. Design penelitian ini adalah  rancangan quasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test design. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang bermakna selisih rerata tekanan darah (TD) baik tekanan darah systole (p-value: 0,000 CI: 4.21-9.38) maupun tekanan darah diastole (p-value: 0,000 CI:3.06- 7.97)sebelum dan sesudah dilaksanakan terapi. Terdapat penurunan tekanan darah yang bermakna pada 25 reponden yang megikuti terapi komplementer.  Kesimpulan pregnancy massage dapat dijadikan asuhan dalam menurunkan tekanan darah ibu hamil pada trimester III terutama pada ibu hamil yang mengalami kecemasan.

References

Adikara, RTS. 1998. Teknik tekanan mekanis pada pengobatan akupunktur. Majalah Akupunktur Indonesia. Vol. 5, no 1. PAKSI, hal. 48–51
Baston,Helen & Jennifer Hall. (2012). Antenatal volume 2. Jakarta : EGC
Bonny & Mila. (2004). Persalinan normal tanpa rasa sakit. Cetakan pertama. Jakarta: Puspa swara.
Chen, S. L., Suo, F. M., Han, J. P., Xie, C. X., Yao, H., Li, X. W., ... & Wei, J. H. (2007). Analysis on ecological suitability and regionalization of traditional Chinese medicinal materials. Chinese Traditional and Herbal Drugs, 38(4), 481.
Cunningham FG, Leveno KJ, Bloom SL, Hauth JC, Rause DJ, Spancy CY. Williams obstetrics. 23 ed. New York: Mc Graw Hill; 2010. p.706-47.
Gach M.R 1990. Acupressur’s potent points. Toronto: A Bantam Book Edition.
Hakam, M., Krisna dan Tutik. 2009. Intervensi spiritual emotional freedom technique (seft) untuk mengurangi rasa nyeri pasien kanker. Makara, Kesehatan, 13 (2), 95–99.
Mok, Esther & Woo, Chin Pang. (2004). Complementary Therapies in Nursing & Midwifery: The Effects of Slow-Stroke Back Massage on Anxiety and Shoulder pain in elderly Stroke Patients. 209-2016, 10.
Padila. 2014. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medik
Putra, S.T 2005. Psikoneuroimunologi kedokteran. Surabaya: Graha masyarakat Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Press.
Tulaar, A.,B.,M. 2008. Nyeri leher pan punggung. Departemen kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Vol 58Agung Diantoro, M. R.,
Rukmini, Pengaruh Peran Karakteristik Ibu terhadap Persalinan Patologi, 2005
Sholeh, 2007, Tahajud Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Hikmah, Jakarta

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Chabibah, N., & Khanifah, M. (2019). EFEKTIVITAS PREGNANCY MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH PADA IBU HAMIL TRIMSETER III. Prosiding University Research Colloquium, 360–365. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/368