HUBUNGAN KELOMPOK IBU HAMIL BERISIKO DENGAN PERSIAPAN PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI

Authors

  • Fitriyani F
  • Risqi Dewi Aisyah

Keywords:

kelompok risiko

Abstract

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) yang merupakan salah satu indikator status kesehatan suatu bangsa. Menteri Kesehatan merencanakan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) pada tahun 2007 dengan stiker sebagai upaya terobosan dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir (Kemenkes, 2012). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kelompok resiko tinggi dengan persiapan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi pada ibu hamil trimester III di Kabupaten Pekalongan tahun 2018. Jenis penelitian kuantitatif non eksperimen, desain penelitian  observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu hamil trimester III yang tersebar di 27 wilayah kerja puskesmas di Kabupaten Pekalongan pada tahun 2017. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan accidental sampling, yaitu ibu hamil yang datang ke STIKES Muhammadiyah Pekajangan yang  jumlah 71 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariate dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan  66,2% ibu hamil termasuk dalam kelompok factor risiko rendah dan 33,8% ibu hamil termasuk dalam risiko sedang/tinggi. Hasil statistic dengan uji chi square menunjukkan p=0.238 yang berarti tidak ada hubungan antara kelompok resiko ibu hamil dengan persiapan persalinan. Tenaga kesehatan perlu memastikan persiapan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi padad ibu hamil trimester III terutama pada ibu hamil dengan kelompok resiko tinggi.

References

Al Ummah, M.Basirun. (2006). Metodologi Penelitian. Gombong : Stikes Muhammadiyah Gombong
Badan Pusat Statistik. (2015). Data Statistik Indonesia : Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.
Departemen Agama Republik Indonesia. (2009). Syaamil Al Qur’an The Miracle 15 in 1. Bandung : PT Sygma Examedia Arkanleema.
Ilyas, Yunahar. (2009). Cakrawala Al-Qur’an. Yogyakarta : Itqon Publishing.
Kahel, Abduddaim. (2010). The Holy Heal : Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit dengan Terapi Suara Bacaan Al Qur’an dan Bacaan Shalat. Banten : Penerbit Kalim.
Kushariyadi. (2011). Asuhan Keperawatan pada Klien Lanjut Usia. Jakarta : Salemba Medika.
Maryam, R.Siti, et al. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta : Salemba Medika.
Myers, Jamie S. Factors Associated With Changing Cognitive Function in Older Adults : Implications for Nursing Rehabilitation (2008).
Nehligh, A. Is Caffeine a Cognitive Enhancer?. Journal of Alzheimer Disease 20:S85-S94. 2010.
Nugroho, Wahjudi. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Jakarta : EGC.
Suardiman, Siti Partini. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
?

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

F, F., & Aisyah, R. D. (2019). HUBUNGAN KELOMPOK IBU HAMIL BERISIKO DENGAN PERSIAPAN PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI. Prosiding University Research Colloquium, 318–321. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/359