HUBUNGAN USIA, ASUPAN VITAMIN C DAN BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PUTRI ANEMIA

Authors

  • Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati
  • Ratih Prananingrum

Keywords:

usia, vitamin C, besi, hemoglobin, anemia

Abstract

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh memiliki jumlah sel darah merah yang sangat sedikit sehingga berdampak pada kadar hemoglobin yang rendah. Kadar hemoglobin seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, asupan zat gizi, pola makan, penyakit kronis, dan aktivitas fisik. Asupan zat gizi yang kurang seperti besi, vitamin C, asam folat, vitamin B12, dan protein dapat menghambat pembentukan sel darah merah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia, asupan vitamin C dan besi dengan kadar hemoglobin pada remaja putri yang anemia. Desain penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.Subyek penelitian merupakan remaja anemia sebanyak 18 subyek yang diambil secara concecutive sampling. Kadar hemoglobin diperoleh dari pemeriksaan darah sedangkan asupan vitamin C dan besi diperoleh dari wawancara food recall 24 jam. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan  ada hubungan usia dengan kadar hemoglobin (p=0,047). Berdasarkan hasil asupan subyek didapatkan hasil sebagian besar subyek memiliki asupan vitamin C dan besi yang kurang.  Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan asupan vitamin C dengan kadar hemoglobin (p=0,027) tetapi tidak ada hubungan asupan besi dengan kadar hemoglobin (p=0,787). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan usia dan vitamin C dengan kadar hemoglobin tetapi tidak ada hubungan asupan besi dengan kadar hemoglobin pada remaja putri anemia.

References

Almatsier S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013: Laporan Nasional. Jakarta: Badan Litbangkes Depkes.
Fatimah, ST. (2011). Pola Konsumsi Ibu Hamil Dan Hubungannya Dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi. J. Sains & Teknologi. Vol. 7 No. 3 : 137-152
Fatmah. 2007. Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Depaetemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, PT. Raja Grafindo Persada.
Gibney, MJ., Margaretts BM., Kearney JM., Arab L. 2009. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC
Jourkesh M, Sadri I, Sahranavand A, Ojagil A, Dehyanpoori M. 2011. The Effects Of Two Different Dose of Antioxidant Vitamin C Supplementation on Bioenergetics Index in Male College Student. Journal of American Science (6): 852-858.
Kirana DP. (2011). Hubungan Asupan Zat Gizi dan Pola Menstruasi dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri di SMA N 2 Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Martina AD. (2012). Hubungan Usia, Jenis Kelamin dan Status Nutrisi dengan Kejadian Anemia Pada pasien Tuberkulosis di RSUP DR. Kariadi Semarang. Laporan Hasil Karya Tulis Ilmiah. Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. Universitas Diponegoro Semarang.
Matayane SG, Bolang ASL, Kawengian SES. (2014). Hubungan Antara Asupan Protein dan Zat Besi dengan Kadar Hemoglobin Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (eBM). Vol. 2 No.3
Proverawati A. 2013. Anemia dan Anemia Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rizkiawati A. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kadar Hemoglobin (Hb) dalam Darah Pada Tukang Becak di Pasar Mranggen Demak. JKM. Vol. 1 No. 2: 663-9.
Sacher RA, McPherson RA. (2004). Tinjauan Klinis Atas Hasil Pemeriksaan Laboratorium. Jakarta:EGC.
Sylvia AP, Lorraine MW. Patofisiology (terjemahan). Edisi ke-6. Jakarta: EGC. Hlm. 256-61.
WHO [World Health Organization]. (2008). Worlwide Prevalence of Anemia 1993-2005.
World Health Organization. 2011. The Global Prevalence Of Anaemia. Geneva: WHO Press.
World Health Organization. 2015. The Global Prevalence Of Anaemia In 2011. Geneva: WHO Press.
Zarianis. (2006). The Effect Of Iron-Vitamin C And Vitamin C Supplementation On Hemoglobin Level Of Anemic Elementary School Children At Sayung Subdistrict Demak District. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Kusudaryati, D. P. D., & Prananingrum, R. (2019). HUBUNGAN USIA, ASUPAN VITAMIN C DAN BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PUTRI ANEMIA. Prosiding University Research Colloquium, 250–255. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/343