PENGALAMAN PERUBAHAN PSIKIS DAN PERUBAHAN FISIK PADA REMAJA PUTRI SETELAH MENSTRUASI

  • Noor Azizah
  • Ana Zumrotun Nisak
Keywords: Pengalaman, psikis, fisik, menstruasi

Abstract

Perubahan seks primer pada perempuan adalah menstruasi dan biasanya diikuti perubahan organ seksual yaitu memiliki payudara dan pinggul membesar. Perubahan fisik yang dialami memberikan dampak pada perubahan psikologis dan social. Perubahan pubertas meliputi kognitif, moral, emosi, social sebagai bentuk perkembangan diri remaja. Informasi yang diberikan secara benar dapat mengurangi kecemasan remaja putri pada saat menstruasi pertama kali. Peran ibu sangatlah penting untuk memberikan pengalaman pada putrinya.

 Metode fenomenologis digunakan untuk menganalisis data. Partisipan adalah remaja putri yang mempunyai pengalaman menstruasi dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara wawancara terbuka

Hasil penelitian : umur menstruasi pertama kali (menarche) 12-15 tahun, informasi menstruasi didapatkan dari ibu, saudara perempuan dan guru, ketidaknyamanan yang dirasakan nyeri perut dan khawatir darah menstruasi bocor ke pakaian sehingga menggangu konsentrasi belajar. Penanganan rasa nyeri menstruasi sebagian besar menggunakan jamu dan obat.

Diskusi : perubahan psikis akibat dari perubahan fisik. Informasi yang benar penggunaan pembalut dan penanganan diberikan yang jelas sehingga tidak mengganggu konsentrasi belajar. Peneliti menyarankan agar setiap sekolah ada konselor dari guru dan pear sebaya

 

References

Azizah, N. (2015). Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Terapi Musik Sebagai Upaya Penurunan Intensitas Nyeri Haid (Dysmenorrhea). The 2nd University Research Coloquium (pp. 80-87). UNIMUS: ISSN 2407-9189.
Eswi, A., Helal, H., & Elarousy, W. (2012). Menstrual Attitude and Knowledge Among Egyptian Female Adolescent. Journal of American Science, 555-565.
Gustina, E. (2015). Sumber Informasi dan Pengetahuan Tentang Mestrua Hygiene Pada Remaja Putri. Kesehatan Masyarakat, 147-152.
Latifah, H. (2016). Tingkat Pengetahuan Tentang Pubertas Pada Remaja Putri Kelas VIII di SMP Muhammadiyah III Depok Sleman . Jurnal Permata Indonesia, 1-9.
Lutfita, I. (2016). Analisis Kesiapan SIswi Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Biometri dan Kependudukan, 135-145.
Murwitasari, S. (2010). Perbedaan Kepekaan Sensitivitas Emosi Pada Saat Haid dan Tidak Haid. Jurnal Psikologi, 32-40.
Purnamasari, A. T. (2015). Dukungan Informasi Tentang Menstruasi Kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 181-190.
Rahmatullah, L. (2013). Haid (menstruasi) Dalam Tinjauan Hadis. PALESTREN, 24-56.
Ridwan, A. (2014). Kecemasan Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche. Jurnal AKP, 9-12.
Suryati. (2012). Perilaku Kebersihan Remaja Saat Menstruasi. Jurnal Health Quality, 54-65.
Published
2019-01-21