IMPLEMENTASI PROGRAM TES INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI PUSKESMAS SUKOHARJO

  • Ilmia Nur Maghfiroh
  • Tanjung Anitasari Indah Kusumaningrum
Keywords: Deteksi dini, kanker serviks, Inspeksi Visual Asam Asetat

Abstract

Tes IVA merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks. Pada tahun 2016 cakupan pemeriksaan tes IVA di wilayah kerja Puskesmas Sukoharjo merupakan yang terendah di Kabupaten Sukoharjo dan belum mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program deteksi dini kanker serviks melalui tes IVA di wilayah kerja Puskesmas Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan content analysis. Subyek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 3 informan utama yaitu provider tes IVA dan 6 informan triangulasi yang terdiri dari 5 WUS dan Kepala Puskemas Sukoharjo. Hasil penelitian mengenai implementasi program deteksi dini kanker serviks melalui tes IVA di wilayah kerja Puskesmas Sukoharjo menunjukkan bahwa komponen input yang meliputi tenaga pelaksana, pendanaan, sarana prasarana sudah dilaksanakan sesuai dengan PERMENKES RI No. 34 Tahun 2015, sedangkan pada aspek metode belum dilaksanakan sesuai dengan peraturan. Pada komponen proses yang meliputi proses awal pelaksanaan, pencatatan pelaporan dan pengawasan program tes IVA belum dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

References

Azwar, A. (2008). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Candraningsih. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan WUS Tentang Kanker Serviks Dengan Praktik Deteksi Dini Kanker Serviks di BPS IS Manyaran Semarang. Semarang.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2015). Profil kesehatan Jateng. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Sukoharjo.
Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Sukoharjo.
Fitria, A. (2013). Analisis Implementasi Program Deteksi Dini Kanker Servik Malalui Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Puskesmas Wilayah Kota Surabaya. (Tesis). Universitas Diponegoro, Semarang
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. Jakarta: Kemenkes RI.
Rusminingsih. (2010). Pengaruh Konseling Kanker Servik Dengan Perilaku Melakukan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Di Dusun Kalipakem Pundong. Jurnal Karya Tulis Ilmiah. Stikes Aisiyah,Yogyakarta.
Triwibowo, C., & Pusphandani, E. M. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika
Published
2019-01-21