Pengaruh Pendidikan Kesehatan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pabrik Tahu Di Kelurahan Tidar Selatan Magelang

Authors

  • F Fatmawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Sigit Priyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Sri Margowati Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

K3, APD, Kepatuhan

Abstract

Latar Belakang : Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja menuju peningkatan produktivitas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengendalikan tingginya kecelakaan kerja adalah dengan menggunakan alat pelindung diri. Alat pelindung diri merupakan peralatan untuk melindungi pekerja dari potensi kecelakaan kerja saat bekerja. Alat pelindung diri menjadi salah satu faktor yang bisa mengurangi kecelakaan di tempat kerja. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan K3 terhadap kepatuhan menggunakan APD pada pekerja pabrik tahu. Metode : jenis penelitian ini Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan two group pre-test dan post-test with control group design dengan sampel 12 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data diolah dengan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil : Berdasarkan uji Mann-Whitney Test kepatuhan menggunakan APD diketahui nilai Asym. Sig. (1-tailed) adalah 0,014 dimana P value < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kepatuhan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan : Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan K3 terhadap kepatuhan menggunakan APD pda pekerja pabrik tahu di Kelurahan Tidar Selatan Magelang.

References

1. Afriantoa, D. (2014). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan , Sikap Dan Tindakan Petani Paprika Di Desa Kumbo - Pasuruan Terkait Penggunaan Alat Pelindung Diri ( APD) Dari Bahaya Pestisida. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta, 1–126.
2. Depkes RI. 2008. Field Book Metode dan Media Promosi Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.
3. Halajur, Untung. 2018. Promosi Kesehatan Di Tempat Kerja. Malang: Wineka Media.
4. Notoatmodjo, S., 2012, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
5. Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
6. Septiningsih, E. (2017). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Rekanan (Pt. X) Di Pt Indonesia Power Up Semarang. 5(5), 20–31.
7. Sriyono, 2015, Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Masyarakat tentang Ikan Berformalin Terhadap Kesehatan Masyarakat, Faktor Exacta, 8 (1): 79-91.
8. Sulistiyowati, Anik, 2016. “Kecelakaan Kerja : Disnakertransos Magelang: Angka Kecelakaan Kerja Turun”. https://www.solopos.com/kecelakaan-kerja-disnakertransos-magelang-angka-kecelakaan-kerja-turun-685219. Diakses pada tanggal 26 Januari 2020 jam 16.00 WIB.
9. Septiningsih, E. (2017). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Rekanan (Pt. X) Di Pt Indonesia Power Up Semarang. 5(5), 20–31.
10. Utari, N. (2019). Analisis keselamatan dan kesehatan untuk pekerja di pabrik tahu mojosongo.
11. Widjanarko, B., Widagdo, L., Promosi, M., Universitas, K., & Semarang, D. (2016). Analisis Media Audio Terhadap Perubahan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Petugas Laboratorium Kesehatan Kota Banjar. Indonesian Journal of Health Promotion, 9(2), 218–225. https://doi.org/10.14710/jpki.9.2.218-225

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Fatmawati, F., Priyanto, S., & Margowati, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pabrik Tahu Di Kelurahan Tidar Selatan Magelang. Prosiding University Research Colloquium, 472–478. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1435