Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Tindakan Pengobatan Mandiri Penyakit Kutu Air

Authors

  • Nailati Syarifah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wulan Agustin Ningrum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nina Zuhana Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ainun Muthoharoh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Pengobatan mandiri, Sikap, Tingkat pengetahuan

Abstract

Pengobatan mandiri merupakan suatu tindakan penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter yang dilakukan oleh masyarakat atas keinginan diri sendiri. Dalam melakukan pengobatan mandiri diperlukan pengetahuan dan sikap yang baik untuk menghasilkan tindakan pengobatan mandiri yang tepat. Pekalongan merupakan waterfrontcity yang memiliki risiko tinggi mengalami banjir rob. Salah satu dampak terjadinya banjir rob yaitu terjadinya penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap terhadap tindakan pengobatan mandiri penyakit kutu air akibat dampak rob di Kelurahan Panjang Wetan tahun 2020. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 96 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik pengujian chi square. Hasil dari penelitian ini sebagian besar responden 75% memiliki tingkat pengetahuan kurang, sebagian besar responden 78% memiliki sikap yang negatif serta sebagian besar responden 75% memiliki tindakan yang negatif terhadap pengobatan mandiri. Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat terhadap tindakan pengobatan mandiri penyakit kutu air dengan nilai signifikasi sebesar 0,276 serta didapatkan nilai odds ratio sebesar 1,750, sedangkan ada hubungan antara sikap masyarakat terhadap tindakan pengobatan mandiri penyakit kutu air dengan nilai signifikasi sebesar 0,000).

References

[1] Adhikary, M., Tiwari, P., Singh, S., & Karoo, C., 2014. Study of selfmedication practices and its determinant among college students of Delhi University North Campus, New Delhi, India. International Journal of Medical Science and Public Health, Volume 3(4), p 406-409.
[2] Azwar, S. 2011. Sikap manusia: Teori dan Pengukuran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
[3] Elisa, 2017. Sikap dan Faktor yang Berpengaruh, Buku Ajar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
[4] Handayani, D, T., Sudarso dan Kusuma, A, M., 2013. Swamedikasi pada mahasiswa kesehatan dan non kesehatan. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol. 3. No. 3.
[5] Harahap, N.A, Khairunnisa & Juanita T., 2017. Tingkat Pengetahuan dan Rasionalitas Swamedikasi di Tiga Apotek Kota Panyabungan. Departemen Farmakologi Farmasi Universitas Sumatra Utara. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, Vol. 2 No. 2, hal. 186-192.
[6] Ikhsyan, N.,. 2017. Analisis Sebaran dan Adaptasi Masyarakat terhadap Banjir Rob di Kecamatan Semarang Timur dan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Jurnal GeoEco.
[7] Kardewi, E., 2018. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Terhadap Self Medication Penggunaan Obat Analgesik Bebas di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada. Sriwijaya Journal of Medicine, Vol. 1 No. 1, hal 16-23.
[8] Marfai, M. A., 2013. Pemodelan Spasial Bahaya Banjir Rob Berdasarkan Skenario Perubahan Iklim dan Dampaknya di Pesisir Pekalongan. Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Jurnal Bumi Lestari, Vol. 13. No. 2, hal. 244-256.
[9] Notoatmodjo. 2014. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[10] Notoatmodjo. 2012. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[11] Nugerahdita, N., 2009. Pravalensi Penyakit Kulit dan Pengobatannya pada Beberapa RW di Kelurahan Petamburan Jakarta Pusat. Laporan Akhir Penelitian. Jakarta.
[12] Pratiwi, Pristianty, L., Noorrizka, G., dan Impian, A., 2014. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Perilaku Swamedikasi Obat Anti-Inflamasi Non-Steroid Oral pada Etnis Thionghoa di Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas, Vol. 1 No. 2, hal 23-40.
[13] Tan, T, H dan Rahardja, K., 2010. Obat-obat sederhana untuk Gangguan Sehari-hari. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[14] Zahra, S, D., 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa SI Non Kedokteran Universitas Lampung Terhadap Perilaku Penggunaan Antibiotik. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Syarifah, N., Ningrum, W. A., Zuhana, N., & Muthoharoh, A. (2021). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Tindakan Pengobatan Mandiri Penyakit Kutu Air. Prosiding University Research Colloquium, 215–221. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1326