Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Fungsi Penglihatan pada Anak Sekolah di SDN Margomulyo Tayu Pati

Authors

  • Indah Puspitasari Univesitas Muhammadiyah Kudus
  • I Indanah Univesitas Muhammadiyah Kudus
  • Umi Faridah Univesitas Muhammadiyah Kudus
  • Imam Saefudin Univesitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Anak sekolah, penglihatan, smartphone

Abstract

Penggunaan gadget pada masa sekarang ini, tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Penggunaan gadget pada anak-anak sering kali digunakan untuk bermain games, membaca email, chatting dan nonton video. Membiarkan mata berinteraksi dengan gadget terlalu lama dalam jangka panjang akan menimbulkan risiko mata minus, dampak lainnya kelelahan mata, pandangan kabur hingga sakit kepala yang muncul saat asik menggunakan gadget dan lupa untuk beristirahat. Selain itu mata juga akan jarang berkedip, hal inilah yang menyebabkan masalah mata kering. Kelainan ketajaman penglihatan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada anak usia sekolah.. Semakin maraknya anak-anak sekolah yang menggunakan gadget memungkinkan untuk berlama-lama menggunakan gadget tanpa menghiraukan dampak yang akan terjadi terhadap kesehatannya terutama kesehatan mata. Maka tujuan penelitian ini menelaah hubungan penggunaan Smartphone dengan fungsi penglihatan pada anak sekolah di SDN Margomulyo Tayu Pati. Metode penelitian denganstudi korelasi, Pendekatan waktu penelitian yang digunakan yaitu cross sectional, dengan total sampel adalah 56 anak sekolah di SDN Margomulyo Tayu Pati kelas 5 dan 6. Hasil penelitian, menunjukkan Fisher’s Exact Test yaitu sebesar 0,082. Karena nilai sig > 0,05 maka Ho diterima, yang berati tidak ada hubungan antara penggunaan Smartphone dengan fungsi penglihatan pada anak sekolah di SDN Margomulyo Tayu-Pati. Kesimpulannya, ketajaman penglihatan seseorang tidak hanya dapat diukur dari lama penggunaan gadget yang dialaminya. Banyak faktor lainnya yang kemungkinan lebih besar mempengaruhi ketajaman penglihatan seseorang termasuk anak-anak.

References

[1]. Manumpil B, Ismanto A, Onibala F. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. J Keperawatan UNSRAT. 2015;3(2):112721.
[2]. Fitri Trisna Ika. Hubungan Lama Penggunaan Dan Jarak Pandang Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Sekolah Dasar kelas 2 dan 3 Di SDN 027. Program Studi Strata 1 Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda. 2017;53(9):1689–99.
[3]. Sumakul JJ, Marunduh SR, Doda DVD. Hubungan Penggunaan Gawai dan Gangguan Visus Pada Siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan. J e-Biomedik. 2020;8(1):28–36.
[4]. Rudhiati F, Apriany D, Hardianti N. Hubungan Durasi Bermain Video Game Dengan Ketajaman Penglihatan Anak Usia Sekolah. J Sk Keperawatan. 2015;1(2):12–7.
[5]. NOVIYANTI A. Hubungan Unsafe Action Dalam Penggunaan Smartphone Terhadap Ketajaman Penglihatan Pada Siswa Di SMA Pembina Palembang Tahun 2019. 2019;
[6]. Muallima N, Febriza A, Putri RK. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Penurunan Tajam Pada Siswa Smp Unismuh Makasar. J Ilm Kesehat Iqra. 2019;7:79–85.
[7]. Bawelle CFN, Lintong F, Rumampuk J. Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. J e-Biomedik. 2016;4(2):0–5.
[8]. Putri hindayani nur, Tat Florentianus, M.A DH. Hubungan Antara Lama Penggunaan, Jarak Pandang Dan Posisi Tubuh Saat Menggunakan Gagdet Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Kelas 5 Dan 6 Di SDK Citra Bangsa Kupang. 2020;3(1):27–34.
[9]. Permana, Melati Aisyah, Herry Koesyanto M. Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Computer Vision Syndrome (Cvs) Pada Pekerja Rental Komputer Di. Unnes J Public Heal. 2015;4(3):48–57.
[10]. Rozi AF, Rosalina R, Novitasari D. Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Penurunan Ketajaman Penglihatan Anak Sekolah Di SD Santo Antonius 02 Banyumanik Semarang. J Gizi Dan Kesehat. 2015;7(16):174–81.
[11]. Ernawati W. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. J ProNers [Internet]. 2015;3(1). Tersedia pada: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/10533
[12]. Puspa AK, Loebis R, Nuswantoro D. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Kualitas Penglihatan Siswa Sekolah Dasar. Glob Med Heal Commun. 2018;6(47):28–33.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Puspitasari, I., Indanah, I., Faridah, U., & Saefudin, I. (2021). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Fungsi Penglihatan pada Anak Sekolah di SDN Margomulyo Tayu Pati. Prosiding University Research Colloquium, 66–71. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1305